Pegadaian Gandeng Cholil Nafis Gelar Pelatihan Mitra Dakwah

PT Pegadaian Cabang Batam menggelar pelatihan mitra dakwah dengan menggandeng Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Muhammad Cholil Nafis. Foto: gokepri.com/Engesti

BATAM (Gokepri.com) – PT Pegadaian area Batam menggelar pelatihan mitra dakwah yang berlangsung di Hotel Ibis Batam, Kepulauan Riau, Rabu 24 Mei 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh ustaz, mubalig dan pengurus masjid yang ada di Batam. Hadir sebagai pemateri Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah sekaligus Dewan pengawasan PT Pegadaian KH Muhammad Cholil Nafis.

Dalam penjelasannya, Cholil menyampaikan beberapa materi soal akad – akad dalam pegadaian. Ia mengatakan secara landasan argumentsi dan perintah agama Islam, transaksi gadai sangat kuat karena ditegaskan langsung oleh Alquran dan dipraktikkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hadits riwayat Bukhari.

Baca Juga: Pegadaian Syariah Sei Panas Salurkan DKU Melalui LAZ Batam

“Yang terpenting mengikuti tata cara atau aturan dalam pegadaian itu,” kita dia.

Ia menjelaskan, transaksi gadai  yang original sudah termaktub dalam sumber ajaran agama. Memang ada beberapa aturan yang berubah seiring perkembangan jaman. Salah satunya soal kelalaian penjamin tak mengikuti aturan Pegadaian.

“Aturannya sudah disepakati oleh ulama,” kata dia.

Ia juga menyampaikan soal jaminan emas yang dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji.

“Emas dan dokumen haji tersimpan dengan aman serta jaminan emas dapat dipergunakan untuk pelunasan biaya haji pada saat pelunasan,” kata dia.

Ia berharap, para mita dakwah paham soal aturan dan akad pegadaian, sehingga tidak gagal paham soal gadai.

Sementara, Deputi Bisnis PT Pegadaian area Batam Mushonif mengatakan, pengadaian bisa memberikan pembiayaan lebih mudah untuk haji dan umrah.

“Persatuan mubaligh se- Batam diharapkan berperan untuk menyampaikan informasi ini kepada semua. Memberikan kemudahan soal pembiayaan haji, dan tidak terlalu mahal,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN