Parpol Besar Bakal Gabung Koalisi Indonesia Maju Pekan Ini

koalisi indonesia maju
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) menghadiri perayaan HUT ke-25 PAN di Jakarta, Senin (28/8/2023). Foto: ANTARA

Jakarta (gokepri.com) – Partai Politik (parpol) besar bakal gabung Koalisi Indonesia Maju (KIM) pekan ini. Hal itu diungkapkan oleh Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Andre Rosiade, Minggu 17 September 2023.

“Insya Allah minggu ini, tunggu tanggal mainnya,” kata Andre dalam dialog Rilis Survei Politika Research & Consulting (PRC), yang dipantau secara daring di Kanal YouTube Politika Research & Consulting, Jakarta.

Andre mengatakan deklarasi partai politik baru itu akan diumumkan dalam beberapa hari ke depan sebelum tanggal 24 September 2023.

Baca Juga: Koalisi setelah Duet Anies-Muhaimin, Hengkang atau Bertahan?

Dalam bocorannya, Andre mengatakan parpol yang akan gabung tersebut memiliki basis massa kuat di Jawa Timur.

“Insya-Allah kami akan ada tambahan partai baru, partai kuat, dan juga punya kekuatan di Jawa Timur,” katanya.

Koalisi Indonesia Maju yang terdiri atas Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Bulan Bintang, dan Partai Gelora Indonesia resmi mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai bakal calon presiden untuk Pilpres 2024.

Andre mengatakan para ketua umum parpol yang tergabung dalam KIM pun akan segera menggulirkan pembahasan terkait figur bakal calon wakil presiden (cawapres) setelah parpol baru tersebut bergabung.

“Akan duduk bareng bersama mendiskusikan siapa cawapres Pak Prabowo, barulah nanti kami deklarasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan menyebut KIM yang mengusung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden bakal kedatangan anggota baru berupa partai berwarna biru pada Minggu (17/9/2023) sore.

“Itu (partai biru) insya-Allah datang nanti sore, mudah-mudahan,” kata Zulkifli Hasan (Zulhas) kepada awak media di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu 17 September 2023.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi mengatakan partainya merasa senang dan gembira karena Partai Demokrat menyatakan siap bekerja sama dan bergabung dengan KIM.

Viva membenarkan pimpinan partai politik yang tergabung dalam KIM akan bertemu di wilayah Hambalang, Jawa Barat pada Minggu (17/9/2023) sore, dengan agenda menyambut anggota baru yang bergabung dalam KIM.

Dia memastikan pimpinan PAN yang hadir dalam pertemuan di Hambalang antara lain Zulkifli Hasan, Hatta Rajasa, Eddy Soeparno, Viva Yoga Mauladi, Asman Abnur, Yandri Soesanto, Eko Hendro Purnomo, Intan Fauzi.

Namun demikian, Partai Demokrat sampai saat ini belum mengumumkan secara resmi arah koalisinya, setelah keluar dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) pada awal bulan ini.

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra meminta masyarakat menunggu dan keputusan terkait arah koalisi akan diumumkan langsung oleh Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Tunggu saja dari mas AHY. Beliau langsung yang akan menyampaikan,” kata Herzaky, Minggu 17 September 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN