Panasnya Udara Hari Ini, BMKG Jelaskan Suhu Karimun 3 Hari ke Depan

Ilustrasi fatamorgana

Karimun (gokepri.com) – Terik matahari di Karimun pada Rabu, 26 April siang begitu menyengat. Suhu udara terasa sangat panas. Masyarakat Karimun terasa enggan untuk keluar rumah.

Masyarakat Karimun lebih banyak memilih duduk di rumah atau berdiam diri di tempat teduh.

“Hari ini terasa panas betul ya,” ujar Amril, warga Meral saat bercengkarama dengan kawan-kawannya di sebuah kedai kopi.

Amril yang jarang meminum teh es, hari itu betul-betul tergoda menyeruput teh es dalam gelas besar.

“Sedap kali rasanya teh (es) obeng siang-siang begini,” ujarnya lagi.

Bukan hanya Amril, warga lainnya mempertanyakan panasnya suhu udara di Karimun siang itu.

Lantas seperti apa penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karimun terkait suhu udara?

Prakirawan Cuaca (forecaster) BMKG Karimun, Younggy HM Hutabarat menjelaskan, suhu udara di Karimun pada Rabu, 26 April 2023 sekitar pukul 15.00 WIB bernilai 32,8°C.

“Suhu udara maksimum di Tanjungbalai Karimun pada 26 April 2023 tercatat pada data pengamatan bernilai 32,8°C pada jam 15.00 WIB,” ujar Younggy.

Kata Younggy, suhu panas yang terjadi ini merupakan fenomena yang wajar terjadi pada bulan April dan Mei. Karena secara normal pada bulan ini terjadi peningkatan suhu maksimum harian yang dipengaruhi oleh gerak semu matahari.

Sehingga, dapat diprediksi untuk 3 hari ke depan, suhu udara maksimum di Tanjungbalai Karimun masih berada pada rentang 30-33°C pada siang hingga sore hari.

“Dengan nilai suhu Udara maksimum berturut-turut dari tanggal 27-29 April 2023 yakni tanggal 27 bernilai 30°C pada pukul 13.00 WIB, tanggal 28 bernilai 33°C pada pukul 16.00 WIB serta pada tanggal 29 bernilai 32°C pada pukul 16.00 WIB,” jelasnya.

Younggy menyebut, suhu saat ini sudah termasuk Panas, tetapi masih normal.

“Data pada kami dalam 3 hari terakhir belum ada yang mengalami kenaikan 3 derajat, suhu dikatakan ekstrim apabila mengalami kenaikan 3 derajat dari rata rata nya,” terang Younggy.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN