NasDem Kepri Kirim Nama Calon Kepala Daerah ke DPP

nasdem kepri ke dpp
Rapat Pleno penjaringan calon kepala daerah di DPW Nasdem Kepri, Senin (13/5/2024). Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem Provinsi Kepri akan mengirimkan beberapa nama bakal calon kepala daerah ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem pada tanggal 15 Mei mendatang.

Ketua Tim Penjaringan DPW Partai NasDem, Tengku Afrizal Dachlan, mengumumkan hasil pleno penjaringan telah memutuskan beberapa nama yang akan diusulkan untuk posisi gubernur, wakil gubernur, walikota, wakil walikota, bupati, dan wakil bupati di Provinsi Kepri.

“Hasil rapat pleno penjaringan ini akan kita serahkan ke DPP kita antarkan langsung, dan tahapan berikutnya nanti di tingkat DPP ya,” kata Afrizal usai rapat pleno pembahasan Calon Kepala Daerah Kepri, di Aston Hotel, Lubuk Baja, Kota Batam, Senin (13/5/2024).

Baca Juga: Hindari Polemik, Amsakar Pilih Mendaftar ke DPP NasDem

Rapat pleno penjaringan calon kepala daerah itu dihadiri oleh Ketua DPW NasDem Kepri, Muhammad Rudi. Selain itu, bakal calon yang akan diusung melalui Partai NasDem di antaranya, Sekretaris Daerah Jefridin Hamid dan mantan Kadispar Kepri yang juga kader PDIP, Buralimar juga turut hadir.

“Kemudian nama-nama persisnya karena ini berproses lagi di tingkat DPP ya nanti biar kita tunggu DPP memproses. Namun yang hadir itu yang kami usung. Tadi hadir Pak Rudi, Pak Jefridin, dan ada Pak Buralimar juga. Enam kabupaten kota hadir kecuali Lingga,” ujar Afrizal.

Afrizal menegaskan selain dari penilaian tim penjaringan, partai juga akan melakukan survei terhadap calon yang diusung untuk Pilkada guna memastikan kelayakan dan potensi kemenangan.

Di sisi lain, polemik di internal DPD Partai NasDem Kota Batam terkait pendaftaran, Ketua DPD Nasdem Batam, Amsakar Achmad, tim penjaringan memberikan tambahan waktu untuk pendaftaran Amsakar, dengan harapan terjalin komunikasi yang baik antar kader partai.

“Kita bukan orang lain menurut saya ya, kita sesama kader Partai NasDem kemudian apalagi Bang Am pernah atau sedang menjadi ketua DPD ya. Kemudian kenapa kami masih perpanjang masa penjaringan ini karena kita berharap juga ya Bang Am juga mendaftar makanya kita tunggu,” terang pimpinan DPRD Provinsi Kepri ini.

Afrizal juga menegaskan tidak ada upaya menghalangi karier politik Amsakar saat mengambil formulir pendaftaran.

“Kami tegaskan ini hanya aturan internal. Kami luruskan tak ada menghalangi. Enggak perlu kita heboh sampai menuduh macam-macam. Kita tak boleh menolak, nggak ada itu menolak lah menjegal, nggak ada itu ya,” ujarnya

Ketua Tim Penjaringan tingkat Kota Batam, Suhadi, menjelaskan empat nama calon kepala daerah dari Batam telah diputuskan dalam pleno hari ini. Nama-nama ini akan segera diverifikasi oleh pusat.

Suhadi juga menjelaskan bahwa pendaftaran calon kepala daerah ke DPP langsung, seperti yang direncanakan oleh Amsakar Achmad, dianggap melanggar aturan rumah tangga Partai NasDem.

Dalam pasal 20 ayat D menyebutkan tugas DPD dan DPW adalah menjaring dan mengusulkan calon kepala daerah ke tingkat DPP.

“Jadi proses dari DPD itu diajukan ke DPW kemudian kita ke DPP. Kemarin informasi yang kami terima bahwa bisa langsung daftar ke DPP itu keliru, sangat sesat ya, dan untuk calon-calon jangan diikuti,” kata Suhadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN