Mensos Risma Serahkan 3 Kapal Transportasi Anak Sekolah di Batam

Mensos risma
Kapal bantuan dari Kementerian Sosial untuk transportasi anak sekolah di Kecamatan Belakangpadang, Kota Batam. Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Batam (gokepri) – Menteri Sosial Tri Rismaharini menyerahkan bantuan tiga unit kapal untuk transportasi anak sekolah di Pulau Bertam, Lingke, dan Gara, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Bantuan ini merupakan tindak lanjut permintaan warga saat Risma mengunjungi Pulau Bertam setahun lalu.

Kapal bantuan itu langsung diserahkan oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini kepada Walikota Batam Muhammad Rudi dan didampingi Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin Hamid. Penyerahan berlangsung di Pulau Bertam, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam pada Jumat, 20 Oktober 2023.

Saat tiba di pelabuhan Pulau Bertam, Risma disambut puluhan siswa di Pulau Bertam. Risma terlihat antusias menyapa warga dan siswa yang telah menunggu kehadirannya.

Baca Juga: Menteri Sosial Tri Rismaharini Kunjungi Suku Laut Pulau Bertam Batam

Mensos risma
Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Dalam sambutannya Risma menyampaikan, bantuan tiga unit kapal itu merupakan tindak lanjut permintaan warga saat dia mengunjungi Pulau Bertam setahun lalu.

“Kapal ini merupakan permintaan dari warga saat saya bertemu di balai pertemuan, mereka menyampaikan kesulitan transportasi saat anak-anak mereka sekolah,” kata Risma usai menyerahkan bantuan tiga unit kapal di Pulau Bertam, Belakang Padang, Kota Batam, Jumat, 20 Oktober 2023.

Saat itu, warga mengeluhkan sulitnya akses transportasi bagi anak-anak untuk pergi dan pulang sekolah, sehingga Risma dalam sambutannya menyebut pihaknya tanpa menawar menyanggupi permintaan warga tersebut.

Risma juga telah mengajak pemerintah Kota Batam menganggarkan biaya operasional kapal sehingga bisa dimanfaatkan oleh warga. Karena baginya pendidikan merupakan hal penting untuk membangun sebuah bangsa.

“Untuk mengubah nasib suatu bangsa itu melalui pendidikan, tanpa pendidikan kita akan sulit bergerak, karena itu pendidikan lah yang akan merubah kehidupan kita” kata Risma.

Mensos risma
Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Walikota Batam Muhammad Rudi mengapresiasi bantuan tiga unit kapal Kemensos tersebut. Pihaknya juga akan membiayai operasional ketiga kapal sesuai permintaan Menteri Risma.

“Insyaallah biaya operasional minyak sudah dianggarkan di Dinas Pendidikan. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat, bapak ibu terimakasih, terima kasih ibu telah menyiapkan bantuan ini dan ada beberapa bantuan yang lain,” katanya.

Bantuan itu akan diteruskan kepada Ketua RT dari ke-3 pulau yang digunakan untuk keperluan transportasi sebanyak 67 anak SD, serta 28 anak SMP dan SMA dari 3 pulau pergi dan pulang sekolah.

Salah seorang warga menanggapi sambutan Risma mengaku terharu karena mendapatkan bantuan kapal yang mereka butuhkan.

“Ini (bantuan) sudah terbukti dan kami berterima kasih sekali, bu. Saya merasa terharu, ini macam mimpi yang jadi kenyataan, semoga ibu sehat selalu,” ucap seorang warga yang terharu karena permintaan kebutuhan mereka terpenuhi.

Selain bantuan kapal, Mensos juga menyerahkan bantuan perlengkapan sekolah berupa tas, buku, alat tulis dan nutrisi berupa susu, dan makanan ringan kepada 100 anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN