Menpora Zainudin Dorong Golf Jadi Daya Tarik Sport Tourism di Indonesia

Kapolri dan Menpora terkait izin pra kompetisi

Jakarta (gokepri.com) – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, mendorong sport tourism atau wisata olahraga golf menjadi salah satu daya tarik wisata di Indonesia untuk wisatawan-wisatawan dari luar negeri. Dia pun mencontohkan Thailand yang sudah menjadikan golf sebagai bagian dari pemasukan devisa sport tourism.

Menurut Menpora Amali meski saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19 namun kegiatan olahraga harus mulai digeliatkan lagi. Beberapa kompetisi olahraga sudah mulai dijalanakan seperti Indonesia Basketball League (IBL) dan kompetisi pramusim Piala Menpora sampai saat ini berjalan dengan lancar namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Nah, turnamen golf ini rencananya akan dilaksanakan pada Agustus 2021. Sekaligus untuk menyampaikan kepada masyarakat, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri bahwa Indonesia khususnya cabang olahraga golf sudah mulai. Sudah ada aktivitas,” ujar Menpora Amali usai menerima kunjungan dari Perkumpulan Golf Pondok Indah, Anton Tjahjono, yang didampingi Ketua Umum Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI, Jakarta Pusat, Rabu (24/3/2021).

Menpora Amali mengatakan, kedatangan rombongan Perkumpulan Golf Pondok Indah dan Persatuan Golf Indonesia (PGI) DKI Jakarta ini untuk melaporkan terkait rencana kegiatan turnamen golf yang akan digelar di Bali pada 14-15 Agustus 2021 mendatang.

“Saya menerima Pak Anton dan teman-teman sebagai panitia untuk turnamen golf yang diberi judul The Bali Golf Challenges. Ini adalah inisiatif komunitas golf dan juga kerja sama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemnepora) bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf),” kata Menpora Amali usai pertemuan.

Dengan adanya turnamen-turnamen seperti ini digarap, maka kegiatan olahraga bisa jalan kembali dan ekonomi masyarakat bisa menggeliat lagi. Pasalnya, sport tourism atau wisata olahraga sangat terdampak dengan adanya pandemi COVID-19.

“Nah ini sekarang atas inisiatif komunitas-komunitas tentu pemerintah sangat mengapresiasi dan kita dorong ini. Mudah-mudahan ini menjadi contoh yang baik dan makin banyak turnamen-turnamen,” harapnya.

“Padahal kalau dari segi fasilitas, kita mungkin bisa sama atau bisa lebih. Banyak lapangan golf yang tersedia, kemudian keramahan dan hospitality yang bagus di tempat kita. Saya kira itu bisa menjadi daya tarik,” jelasnya.

Baca juga: Menpora RI Bersepeda Sehat di Dompak

Sementara itu, Ketua Umum Perkumpulan Golf Pondok Indah Anton Tjahjono mengatakan bahwa pihaknya juga mendorong sport tourism khusunya golf untuk meningkatkan kegiatan ekonomi di daerah-daerah.

“Dalam rangka turnamen ini, sengaja diadakan tujuan nantinya bisa kumpulkan dana untuk 50 persennya pengembangan UMKM, 50 persen lagi pembinaan pegolf junior,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketum PGI DKI Reza Rajasa mengatakan bahwa Para pegolf junior sangat merindukan kompetisi setelah hampir setahun pandemi mewabah di tanah air.

“Pegolf-pegolf junior sangat merindukan acara kompetisi-kompetisi dan ini acara yang baik yang dilakukan Perkumpulan Pondok Indah dan Kemenpora, oleh karena itu PGI menanggapi serius dan berterimakasih,” tukasnya. (wan)

BAGIKAN