Medali Olimpiade Paris 2024 Dihiasi Potongan Menara Eiffel

Medali olimpiade paris
Medali Olimpiade Paris yang didesain oleh rumah perhiasan Chaumet. Foto: Paris 2024

Batam (gokepri) – Olimpiade dan Paralimpiade Paris 2024 akan menghadirkan medali yang istimewa. Sebanyak 5.084 keping medali emas, perak, dan perunggu akan dibuat menggunakan bahan logam yang diambil dari potongan Menara Eiffel.

Desain medali segi enam ini merupakan hasil karya rumah perhiasan Prancis, Chaumet. “Kami ingin menawarkan kepada semua peraih medali di Olimpiade dan Paralimpiade Paris sepotong Menara Eiffel dari 1889,” kata ketua panitia penyelenggara lokal Tony Estanguet.

“Itu akan menjadi kombinasi logam paling berharga dari medali emas, perak, dan perunggu dengan logam paling berharga di negara kami, dari harta karun yaitu Menara Eiffel,” kata dia.

Baca Juga: OLIMPIADE TOKYO: Indonesia Finis Peringkat ke-55

Medali ini menampilkan desain segi enam dengan latar belakang lingkaran yang berkilau. Desain segi enam juga menggambarkan kontur daratan Prancis.

Potongan logam untuk medali diambil dari gudang di Paris yang menyimpan potongan asli Menara Eiffel. “Jumlahnya lebih dari cukup,” kata Thierry Reboul, Direktur Branding Olimpiade Paris. Medali ini memiliki bobot sekitar setengah kilogram.

Sebelumnya, Olimpiade Tokyo 2020 menggunakan logam daur ulang dari sampah elektronik untuk medali mereka. Penggunaan potongan Menara Eiffel pada medali Olimpiade Paris 2024 ini menjadikannya sebuah simbol yang istimewa dan bersejarah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN