Masuk Kepri Wajib Nonreaktif Rapid Tes Antigen

Bandara hang nadim
Aktivitas penumpang yang akan terbang melalui Bandara Hang Nadim Batam.

Tanjungpinang (gokepri.com) – Kepri mensyaratkan sejumlah ketentuan bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang ingin masuk ke provinsi ini. Di antaranya kewajiban untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT PCR atau Nonreaktif rapid tes antigen.

Kurun waktu surat keterangan ini maksimal 3×24 jam sebelum keberangkatan untuk PPDN dengan moda transportasi laut. Sedangkan untuk PPDN dengan moda transportasi udara, maksimal 2×24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian tidak dalam kondisi sakit atau memiliki gejala suspek Covid-19. Serta wajib mengisi e-HAC secara benar dan jujur. Ketentuan ini tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Kepri Nomor:400/SET-STC19/I/2021 tertanggal 11 Januari 2021.

“Itu untuk persyaratan PPDN yang akan memasuki wilayah Provinsi Kepri,” ungkap Isdianto di Tanjungpinang, Kamis (14/1/2021).

Sementara bagi PPDN yang melaksanakan perjalanan antar kabupaten/kota dalam wilayah Kepri, terbagi menjadi tiga. Yakni yang menggunakan moda transportasi laut, udara, dan darat.

Untuk pengguna moda transportasi laut, wajib melaksanakan pengecekan suhu tubuh sebelum melaksanakan perjalanan. Bagi calon PPDN yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius tidak diperkenankan melakukan perjalanan. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat memasuki dan meninggalkan kawasan pelabuhan. Serta memastikan penumpang sudah mengisi e-HAC secara benar dan jujur.

Bagi pengguna moda transportasi udara, harus melengkapi diri dengan surat keterangan rapid test antibody dengan hasil Nonreaktif. Surat keterangan ini harus masih berlaku dari fasilitas kesehatan yang berwenang. Calon PPDN yang memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat celcius tidak diperkenankan melakukan perjalanan. Menjaga jarak dan menghindari kerumunan saat memasuki dan meninggalkan kawasan bandara. Serta memastikan sudah mengisi e-HAC secara benar dan jujur.

Sedangkan bagi penguna moda transportasi darat, calon PPDN tidak melakukan perjalanan bagi yang memiliki gejala suspek Covid-19. Serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan selama berada di kawasan terminal.

Selanjutnya bagi PPDN yang akan keluar dari wilayah Kepri, wajib sedang tidak dalam kondisi sakit atau memiliki gejala suspek Covid-19. Calon PPDN juga harus memperhatikan peraturan dan ketentuan yang berlaku pada wilayah tujuan. Edaran ini berlaku sampai dengan tanggal 25 Januari 2021. (wan)

BAGIKAN