Mantan Ketua Otorita Batam JB Sumarlin Tutup Usia

Jakarta (gokepri.com) – Mantan Menteri Keuangan era Soeharto, Prof. Dr. Johannes Baptista (JB) Sumarlin meninggal dunia di usia 87 tahun di Rumah Sakit Carolus, Jakarta, Kamis (6/2/2020) pukul 14.15 WIB. Dalam perjalanan karirnya, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini pernah menjabat sebagai Ketua Otorita Batam (sekarang BP Batam).

“Betul (kabar JB Sumarlin meninggal dunia),” kata Plt Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kementerian Keuangan, Kamis (6/2/2019) dilansir dari detikom.

JB Sumarlin merupakan tokoh ekonomi nasional yang banyak berperan dalam perekonomian RI dan sering dipercaya mengemban sejumlah jabatan penting di pemerintahan. Pria kelahiran Desa Ngadirejo, Blitar, Jawa Timur pada 7 Desember 1932 ini menjadi Ketua BP Batam (Otorita Batam) kedua, dari tahun 1976-1978, setelah kepemimpinan Ibnu Sutowo tahun 1971-1976.

Dalam kepemimpinannya, JB Sumarlin berperan mengubah Batam menjadi Kawasan Berikat Bonded Warehouse. Kebijakan ini menetapkan kewenangan pengelolaan pelabuhan kepada Otorita Batam.

Pada masa JB Sumarlin dilakukan pembangunan waduk kedua, Waduk Sei Baloi yang beroperasi pada 1978. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan Waduk Nongsa yang beroperasi pada 1980.

Pada 1978 kepemimpinan JB Sumarlin selaku Ketua Otorita Batam berakhir. Ia digantikan Prof. Dr. Ing. BJ Habibie sebagai Ketua Otorita Pembangunan Daerah Industri Pulau Batam.

BAGIKAN