Makin Mudah, Bayar Pajak di Batam Kini Bisa Pakai QRIS

bayar pajak pakai QRIS
Sekretaris Bapenda Kota Batam Aidil Sahalo. Foto: Gokepri.com/Engesti

BATAM (gokepri.com) – Masyarakat Batam kini bisa bayar pajak daerah melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Kanal baru untuk membayar pajak ini merupakan upaya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Batam untuk meningkatkan pendapatan pajak daerah.

Sebelumnya pembayaran pajak secara digital hanya melayani melalui mitra-mitra yang sudah bekerja sama baik e-channel maupun e-commerce.

Sekretaris Bapenda Kota Batam M Aidil Sahalo mengatakan layanan Bank Riau Kepri Syariah pun berkembang dengan mampu melayani melalui QRIS yang dapat dibayar melalui bank atau kanal mitra apa saja.

Baca Juga: Bapenda Luncurkan Si Bijak, Mudahkan Masyarakat Bayar Pajak

“Bisa juga lewat e-money seperti Linkaja, Gopay, Bukalapak, dan lainnya,” kata Aidil, Selasa 18 Juni 2024.

Namun demikian, meski sudah bisa lewat QRIS, pembayaran pajak juga tetap bisa dilakukan melalui ATM, cash dan e-channel, termasuk di eceran modern. Aidil mengatakan integrasi layanan QRIS BRK Syariah terhadap aplikasi Bapenda Kota Batam yaitu E-BPHTB, e-PBB dan e-Billing.

Adapun perluasan layanan pembayaran pajak daerah melalui Traveloka, Linkaja, Bukalapak, Alfamart, BliBli, Gotagihan, Bank BJB, Bank Mandiri, Livin’ Mandiri, Pospay, dan BRK Syariah.

“Terakhir evaluasi triwulan kemarin, memang masih belum terlalu banyak. Kami gencarkan lagi sosialisasi, agar makin banyak masyarakat yang tahu kalau bayar pajak bisa melalui QRIS,” ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Bapenda Batam Raja Azmansyah menjelaskan untuk tahap awal pembayaran melalui QRIS baru bisa digunakan melalui http://qris.brksyariah.co.id.

Masyarakat bisa langsung mengakses laman tersebut dengan cara wajib pajak mengisi kebutuhan yang ditampilkan. Kemudian, laman itu akan menampilkan nomor objek pajak (NOP) dan tahun pajak yang akan dibayar.

Setelah itu wajib pajak bisa langsung memilih sesuai dengan kebutuhan, lalui akan ada petunjuk selanjutnya untuk melakukan pembayaran melalui QRIS yang ditampilkan. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN