Luis Milla Mundur sebagai Pelatih Persib

Luis Milla mundur
Pelatih Luis Milla bersama manajemen PT Persib Bandung Bermartabat usai konferensi pers di Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (15/7/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Batam (gokepri) – Kehadiran Luis Milla sebagai pelatih Persib Bandung harus berakhir secara mendadak. Pelatih asal Spanyol tersebut mengumumkan pengunduran dirinya pada Sabtu (15/7), setelah sekitar satu musim melatih Persib.

Menurut Deputi CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono, keputusan Luis Milla mundur sangat tiba-tiba. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu memilih mundur karena ada keperluan pribadi terkait keluarganya.

“Kita tetap harus menghormati keputusan tersebut karena memang ada masalah pribadi, keluarga yang memang harus kita hormati, bahwa itu sudah diputuskan oleh beliau,” ujar Teddy di Graha Persib, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu 15 Juli 2023.

Dengan mundurnya Luis Milla, direksi dan komisaris manajemen Persib menunjuk Pelatih Fisik Persib Yaya Sunarya sebagai sosok caretaker selama proses pencarian pelatih baru.

“Kami di internal sudah mulai mencari calon pengganti pelatih kepala yang akan segera kita review kandidat yang ada. Jadi mudah-mudahan bisa secepatnya kita bisa mendapatkan pengganti dari Luis Milla,” kata Teddy.

Selain Luis, dua asisten pelatih yang juga berkebangsaan Spanyol, Carlos Rodrigues dan Manu Perez, juga memutuskan untuk mundur dari tim pelatih Persib Bandung.

“Karena memang para asisten adalah satu kesatuan dengan Luis Milla, maka semuanya akan mundur,” tambahnya.

Sementara itu, Komisaris PT PBB, Umuh Muchtar, mengaku terkejut dengan keputusan Luis Milla tersebut. Menemukan pelatih baru untuk klub Maung Bandung bukanlah perkara yang mudah.

Umuh menjelaskan bahwa Luis memiliki keperluan pribadi karena orang tuanya sedang sakit. Oleh karena itu, Luis memilih untuk pulang ke keluarganya.

“Maksud saya ya kalau mau pulang tidak ada masalah, paling lama 10 hari. Tapi mereka tidak menjanjikan akan kembali, itu yang saya sampaikan kaget ya,” ungkap Umuh.

Luis Milla mengucapkan terima kasih kepada manajemen klub, para pemain, dan semua pihak yang telah mendukungnya selama berada di Bandung.

“Apapun yang sudah dilewati bersama pemain, juga sudah dilewati dengan baik, ini hanya alasan personal. Sebuah hal yang cukup sulit yang harus diputuskan,” kata pelatih berusia 57 tahun tersebut.

Di bawah kepemimpinan Milla, Persib berhasil menempati peringkat ketiga pada kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, setelah mengalami beberapa kali penampilan yang kurang maksimal pada awal musim.

Sejak debutnya di Persib pada pekan kedelapan Liga 1 musim 2022/2023, Luis Milla berhasil mencatatkan 17 kemenangan, empat hasil imbang, dan enam kekalahan.

Namun, pada Liga 1 2023/2024, Milla hanya mampu membawa Persib meraih tiga poin dalam tiga pertandingan yang semuanya berakhir dengan skor imbang.

Baca Juga: Persib Kontrak Luis Milla hingga 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

BAGIKAN