Liverpool Depak Arsenal dari Piala FA

Arsenal Piala FA
Foto: AFP

Batam (gokepri) – Liverpool menyingkirkan Arsenal pada pertandingan putaran ketiga Piala FA 2023/2024 dengan skor 2-0 di Emirates Stadium yang digelar pada Minggu malam WIB.

Gol pertama Liverpool dihasilkan dari bunuh diri Jakub Kiwior. Sementara gol kedua The Reds tercipta dari Luis Diaz. Hasil ini membuat Liverpool melaju ke babak berikutnya. Sementara Arsenal tentu saja terdepak dari Piala FA ini. Arsenal langsung tancap gas. Mereka bermain agresif untuk menekan pertahanan Liverpool.

Peluang langsung didapat Arsenal pada menit ketiga. Reiss Nelson mendapat umpan panjang dari Ramsdale dan bisa menusuk masuk pertahanan Liverpool. Ia kemudian melewati Alisson dan ketika sudah menendang bola, sepakannya masih melenceng keluar lapangan.

Baca Juga: Taklukan Burnley, Liverpool Salip Arsenal di Puncak Klasemen Liga Inggris

Peluang didapat lagi oleh Arsenal pada menit ke-8. Dari situasi sepak pojok, bola akhirnya dikuasai Kai Havertz di depan kotak penalti.

Ia bergerak dari sisi kanan lapangan dan memotong masuk ke tengah. Kai kemudian melepas tembakan melengkung ke tiang jauh, tetapi peluang itu masih bisa dimentahkan Alisson.

Pada menit ke-11 gawang Liverpool hampir kebobolan lagi. Kesalahan operan dari Gomez membuat bola jatuh di kaki Martin Odegaard di depan kotak penalti. Ia melepas tembakan yang keras tapi bola masih mengenai mistar gawang saja.

Setelah itu Liverpool mulai bisa sedikit meredam permainan Arsenal. Mereka sempat menekan pertahanan The Gunners dan mendapat peluang dari tandukan Darwin Nunez dari sepak pojok. Namun, bola sundulannya dari tengah kotak penalti cuma melebar ke sisi kiri gawang.

Pada menit ke-38 peluang didapat Arsenal lagi. Bola yang dikuasai Saka jatuh ke kaki White. Sang bek lantas melepas tembakan keras ke sisi kiri gawang yang masih bisa ditepis Alisson.

Menit ke-44 Liverpool akhirnya mendapat peluang emas. Liverpool merebut bola di sisi kiri lapangan dan kemudian mengalirkan bola dengan cepat ke sisi kanan pada Trent. Ia kemudian masuk ke kotak penalti dan melepas tembakan keras. Namun, bola cuma membentur mistar gawang. Pada akhirnya tidak ada gol tercipta pada 45 menit pertama. Arsenal 0-0 Liverpool.

Pada babak kedua, Liverpool mulai mengambil kontrol permainan dan menedesak balik Arsenal. Liverpool beberapa kali membangun serangan ke pertahanan Arsenal. Namun, belum sukses menciptakan peluang nyata.

Pada menit ke-58, Arsenal mendapat peluang. Kai Havertz masuk dari sisi kiri dan mengirim umpan silang ke tiang jauh. Bola bisa disambar Saka, tapi arahnya melambung dari target.

Liverpool akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-80. Tendangan bebas Trent dari sisi kanan kotak penalti mengarah ke tiang dekat dan bola mengenai kepala Kiwior dan masuk ke gawang sendiri. Skor menjadi 1-0.

Arsenal kemudian bermain lebih agresif lagi. Mereka mengganti taktiknya. Namun justru Liverpool bisa mencetak gol lagi pada menit 90+5 dari serangan balik yang dimulai dari Nunez di kiri.

Bola diberikan pada Jota yang akhirnya mengoper pada Luis Diaz di kanan. Diaz kemudian melepas tembakan keras dari dalam kotak penalti dan mengubah skor jadi 2-0. Gol ini jadi penutup laga babak kedua.

Susunan Pemain Arsenal vs Liverpool
Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Jakub Kiwior, Martin Odegaard, Declan Rice, Jorginho, Bukayo Saka, Kai Havertz, Reiss Nelson

Liverpool (4-3-3): Alisson, Trent Alexander-Arnold, Ibrahima Konate, Jarell Quansah, Joe Gomez, Harvey Elliott, Alexis Mac Allister, Curtis Jones, Luis Diaz, Darwin Nunez, Cody Gakpo.

***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN