Lindungi Pengguna, WhatsApp Bakal Batasi Screenshot Foto Profil

screenshot foto profil whatsapp
Ilustrasi. WhatsApp akan batasi tangkapan layar pada foto profil untuk memberikan privasi penggunanya. Foto: Freepik.com

Jakarta (gokepri.com) – WhatsApp bakal membatasi screenshot atau tangkapan layar foto profil untuk melindungi privasi penggunanya. Rencana itu saat ini sedang dalam pengetesan.

Dilansir dari laman Phone Area, Rabu 21 Februari 2024, fitur pembatasan screenshot ini diungkap oleh WABeralinfo yang menemukan pembatas screenshot pada aplikasi beta Android versi 2.24.4.25.

Ternyata fitur ini dihadirkan untuk mencegah kontak yang tidak sah untuk mencuri identitas pengguna tertentu.

Baca Juga: Fitur Chat Lock di WhatsApp, Pengguna Bisa Sembunyikan Pesan Rahasia

Sayangnya fitur ini masih terbatas penggunaannya, saat ini baru beberapa pengguna saja yang terpilih, sebab fitur ini akan diluncurkan secara luas dalam beberapa pekan mendatang.

Penerapan fitur baru ini dapat dirasakan saat sesorang mencoba melakukan tangkapan layar pada profil kontak, maka akan muncul layar hitam dengan tulisan “Tidak dapat mengambil tangkapan layar karena pembatasan aplikasi.”

Fitur baru ini akan dihadirkan berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan WhatsApp lima tahun lalu. Ketentuan itu berupa pencegahan pengunduhan gambar yang tidak sah dengan menghilangkan kemampuan menyimpan foto profil pengguna lain secara langsung.

Tapi ternyata pembatasan penyimpanan foto profil ini masih bisa diakali dengan tangkapan layar. Akhirnya foto dapat disimpan dan bisa disalahgunakan.

Oleh karena itu fitur pembatasan tangkapan layar ini akan menjadi jawaban atas perlindungan privasi pengguna dengan lebih baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN