Lima Kontestan Pilkada Karimun Uji Kelayakan dan Kepatutan Hanura Kepri

Sekretaris Tim Penjaringan DPC Hanura Karimun, Zulfikar menerima berkas pencalonan TS Arif Fadillah yang diwakili Azaruddin Ismail. (Ilfitra/gokepri.com)

Karimun (gokepri.com) – Lima kontestan yang mengikuti pemilihan kepala daerah Karimun sudah mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC Hanura Karimun.

Kelima figur calon pemimpin Karimun itu adalah Rocky Marciano Bawole, Raja Bakhtiar, Bakti Lubis, TS Arif Fadillah dan terakhir Muhammad Firmansyah.

“Sudah ada lima kandidat yang mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC Hanura Karimun,” ujar Sekretaris Tim Penjaringan DPC Hanura Karimun, Zulfikar, Senin 20 Mei 2024.

Kata Zulfikar, tugas Tim Penjaringan adalah melakukan verifikasi data terhadap bakal calon yang mendaftar ke DPC Hanura Karimun.

Tahapan selanjutnya adalah berkas yang telah dikembalikan oleh kandidat tersebut kemudian diantarkan ke DPD Hanura Kepri untuk dilakukan verifikasi dan validasi ulang.

“Begitu berkas sudah sampai di Kantor DPD Hanura Kepri, maka ke lima kandidat tersebut harus menjalani fit and propert test,” ungkap Zulfikar.

Kata Zulfikar, jika pada saat pengambilan dan penyerahan formulir pendaftaran di DPC Hanura Kerimun para kandidat boleh diwakilkan, maka ketika menjalani fit and propert test di DPD Hanura Kepri harus kandidat langsung tanpa perwakilan.

“Fit and propert test harus bakal calon kepala daerah langsung, tak boleh diwakili,” jelasnya.

Menurut dia, fit and propert test berlangsung selama tiga hari yang dimulai sejak 20 hingga 22 Mei 2024.

“Yang melakukan fit and propert test adalah Ketua DPD Hanura Kepri beserta tim yang juga melibatkan DPP Hanura,” kata Zulfikar.

Dikatakan, setelah menjalani fit and propert test, maka tahapan selanjutnya adalah keputusan dari DPP Hanura terkait siapa saja yang akan diusung Hanura untuk menjadi calon bupati Karimun.

“Soal siapa yang akan diusung Hanura, semua tergantung keputusan Ketua Umum,” pungkasnya.

Penulis: Ilfitra

BAGIKAN