Lik Khai Minta Pemerintah Pusat Tangani Masalah Air di Batam

Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Lik Khai. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (Gokepri.com) – Masalah air bersih di Batam masih belum menemukan titik terang. Pengembangan dan perbaikan terus dilakukan Badan Usaha Sistem Pengelolaan Air Minum (BU SPAM) Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Batam.

Namun, aliran air bersih masih mengalami kendala seperti kerusakan atau kebocoran pipa karena pengerukan tanah oleh alat berat dari proyek pelebaran jalan. Terakhir diketahui BU SPAM telah menyiagakan 16 mobil tangki air untuk melayani warga selama perbaikan pipa bocor.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi I DPRD Kota Batam, Lik Khai menilai pemerintah pusat perlu turun tangan untuk menyelesaikan persoalan air bersih di Batam. Ia berharap kementerian terkait dan DPR RI Komisi VI segera memanggil pengelola air bersih di Batam.

Baca Juga: Suplai Air di Kawasan Baloi Terganggu, ABH Perbaiki Pipa Bocor

“Saya mengharapkan dari pusat segera memanggil pihak terkait dari pusat seperti dari Menteri, pihak DPR RI bisa segera memanggil pihak ABH sama BP Batam untuk menyelesaikan masalah Ini, selagi masalah ini berkepanjangan saya kira Batam mau berkembang susah,” kata Lik Khai di Batam, Selasa, 5 Desember 2023.

Lik Khai mengatakan dalam sebulan masyarakat selalu disibukkan untuk mencari air bersih. Namun, kepastian kapan persoalan itu akan berakhir pihak BU SPAM belum dapat menjawab.

“Ya kan ini sudah sekian tahun dipegang ABH dari Moya sampai sekarang saya kira sudah masuk di tahun ke-4 tapi perubahannya tidak ada,” katanya.

“Jadi kami mengharapkan DPR RI Komisi VI bisa memanggil semua pihak terkait. Jangan saling menyalahkan lagi, kita lanjutkan yang terbaik untuk masyarakat Batam supaya hajat hidup mereka bisa tenang. Ini tidak bisa tenang semua seluruh rakyat Batam ini. Tiap hari sibuk bukan mencari duit, tapi cari air,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN