KPU Gandeng PWI Kepri Tingkatkan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

komisi pemilihan umum
Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi menyambangi sekretariat PWI Kepri di Kota Tanjungpinang, Senin (10/6/2024). Foto: PWI Kepri

Tanjungpinang (gokepri) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Riau menggandeng organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepri untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2024. Meningkatkan partisipasi pemilih menjadi pekerjaan rumah bagi semua pihak karena menentukan kualitas penyelenggaraan pemilu.

Ketua KPU Kepri Indrawan Susilo Prabowoadi menyambangi sekretariat PWI Kepri di Kota Tanjungpinang, Senin (10/6/2024). Kedatangan Susilo itu disambut langsung oleh Ketua PWI Kepri, Andi beserta pengurus lainnya.

Baca Juga:

Indrawan mengatakan kedatangannya untuk membangun komunikasi dengan wartawan demi mensukseskan Pilkada Kepri. “Saya ingin membangun komunikasi dengan teman-teman PWI, agar membantu menyukseskan Pilkada Kepri,” kata dia.

Indrawan menjelaskan Pilkada 2024 memiliki tantangan tersendiri, khususnya meningkatkan partisipasi pemilih gen Z dan Y.

Kolaborasi bersama awak media diharapkan akan meningkatkan kesadaran pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kami percaya kolaborasi bersama awak media termasuk PWI akan meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada mendatang,” ujarnya.

Selain itu, kedatangan Indrawan juga sebagai tindaklanjut dari surat edaran Mendagri Nomor 200.2.1/2222/SJ tentang Stabilitas Penyelenggaraan Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Serentak Tahun 2024.

Dalam edaran itu, Kepala Daerah diminta bekerjasama dengan asosiasi atau perhimpunan wartawan khususnya PWI dalam meningkatkan partisipasi pemilih. “Walaupun kami tidak disebut secara spesifik, tapi edaran itu juga menjadi perhatian kami,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kepri, Andi mengapresiasi kedatangan Indrawan yang mengajak PWI untuk bersinergi menyukseskan Pilkada. Menurut Ani, pengurus PWI Kepri siap berkolaborasi dengan KPU dalam mensosialisasikan tahapan Pilkada kepada masyarakat. “Kami siap diajak berkolaborasi dengan KPU untuk menyampaikan informasi seputar tahapan Pilkada ke masyarakat,” ucapnya.

Bukan hanya menyampaikan informasi tahapan Pilkada, PWI Kepri juga siap bekerjasama dalam kegiatan lain seperti pelatihan jurnalistik dan lainnya. “Kalau kami diberi kesempatan, kami siap ikut dalam berbagai kegiatan KPU. Semoga sinergi antara PWI Kepri dan KPU Kepri terus berlanjut,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN