KPU Bintan Tetapkan Apri-Roby Paslon Terpilih

Rapat pleno terbuka penetapan Apri-Roby sebagai paslon terpilih Bupati dan Wabup Bintan
Rapat pleno terbuka penetapan Apri-Roby sebagai paslon terpilih Bupati dan Wabup Bintan

Bintan (gokepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bintan menetapkan Apri Sujadi-Roby Kurniawan sebagai pasangan calon terpilih Bupati dan Wakil Bupati Bintan tahun 2020. Kegiatan itu berlangsung dalam rapat pleno terbuka di Gedung Convention Bhadra Resort Bintan, Jumat (22/1/2021).

Rapat pleno penetapan paslon terpilih dihadiri pasangan terpilih dan partai pengusung. Kemudian Ketua DPRD Natuna, Bawaslu, Kapolres, Dandim, dan FKPD lainnya.

“Menetapkan Apri Sujadi-Roby dengan perolehan suara 49.855 suara dari total suara sah sebagai paslon bupati-wakil bupati terpilih pada Pilkada Bintan 2020,” ujar Ketua KPU Bintan, Ervina.

Komisioner KPU Bintan, Harris Daulay menambahkan, total suara sah pada Pilkada Bintan sebanyak 82.572 suara. Paslon nomor urut 1, Apri-Roby memperoleh 49.855 suara atau sekitar 60,38 persen. Sedangkan paslon nomor 2, Alias Wello-Dalmasri memperoleh 32.717 suara.

Baca juga: Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Bintan Ajak Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Pilih

“Penetapan paslon terpilih ini dilakukan setelah dipastikan tidak ada sengketa atau tidak tercatat dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BPRK) Mahkamah Konstitusi (MK),” ujarnya.

Menurut Haris, KPU telah menyampaikan ketentuan bagi KPU Kabupaten/Kota yang tidak terdapat permohonan perselisihan hasil pemilihan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi. Yakni, pelaksanaan penetapan paslon terpilih bisa dilakukan paling lama 5 hari setelah salinan ketetapan atau putusan MK diterima oleh KPU.

“KPU Bintan sudah menerima BRPK dari Mahkamah Konsitusi melalui KPU RI. Pada BRPK tersebut, MK menyatakan, Pilkada Bintan tidak masuk sebagai Pilkada yang disengketakan di MK,” katanya. (wan)

BAGIKAN