KPU Batam Resmi Lantik Anggota PPK untuk Pilkada 2024

Foto bersama usai pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan se-Kota Batam, Kamis (16/5/2024. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Batam (gokepri.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam resmi melantik anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Batam untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November mendatang.

Pelantikan yang diadakan di Hotel Harmoni One Lantai 3, Kota Batam ini menetapkan sebanyak 60 anggota PPK dari 12 kecamatan di Batam, dengan masing-masing kecamatan diwakili oleh lima anggota.

Ketua KPU Batam, Mawardi mengucapkan selamat kepada anggota PPK yang baru dilantik dan menekankan bahwa momen ini sebagai tahapan Pilkada dan titik awal badan Ad Hoc sesuai PKPU Nomor 8 Tahun 2022.

Baca Juga: Caleg Terpilih Tak Wajib Mundur Jika Maju Pilkada 2024

“Selamat kepada PPK yang baru dilantik. Tahapan-tahapan Pilkada akan kita laksanakan dengan waktu yang singkat,” ujar Mawardi dalam sambutannya, Kamis (16/5/2024).

Mawardi juga meminta PPK untu koordinasi segera dengan kecamatan dan polsek terdekat untuk menjaga sinergitas yang telah terjalin dalam Pileg dan Pilpres sebelumnya.

“Tahapan dan jadwal pemilihan kepala daerah akan dimulai di awal Juli. Oleh karena itu, saya mohon sesegera mungkin berkomunikasi dengan pemerintah setempat,” katanya.

Mawardi menjelaskan bahwa dari 60 anggota PPK yang dilantik, 60 persen di antaranya sudah memiliki pengalaman dalam Pileg dan Pilpres sebelumnya, sementara yang baru bergabung diharapkan segera menyesuaikan diri.

“Ini tugas berat yang harus kita sesuaikan bersama. Mari sukseskan pemilu ini,” ujarnya.

Asisten 3 Administrasi Umum Pemko Batam, Heriman, juga menyampaikan selamat kepada anggota PPK dan menekankan beratnya tugas yang diemban demi kesuksesan tahapan Pilkada. Heriman mengajak semua pihak untuk meneladani keberhasilan Pileg dan Pilpres yang telah dilaksanakan dengan sukses di Batam.

“Pelaksanaan Pileg dan Pilpers di Batam telah berjalan dengan sukses,” kata Heriman.

Di tempat yang sama, Kabag Ops Polresta Barelang, Zainal Abidin Christopher Tamba, menyatakan kesiapannya dalam membantu mengamankan agenda nasional tersebut.

Pengalaman dalam Pilpres dan Pileg sebelumnya menunjukkan perlunya koordinasi yang baik untuk mengatasi tantangan, seperti pemilihan suara lanjutan akibat ketidaklengkapan.

“Kita siap back-up pelaksanaan tersebut. Kami tetap berkoordinasi,” katanya.

Dari 112 calon anggota PPK yang terdaftar, 60 orang berhasil terpilih setelah melalui berbagai tahapan seleksi. Sementara yang tidak terpilih dimasukkan dalam daftar pengganti, untuk mengantisipasi kebutuhan pergantian anggota di kemudian hari.

Rekrutmen calon anggota PPK untuk Pilkada serentak 2024 dilaksanakan dari 11 Mei hingga 13 Mei 2024 di Kantor KPU Batam di Sekupang. Usai pelantikan, anggota PPK juga akan mengikuti bimbingan teknis dan menandatangani pakta integritas.

Dengan dilantiknya anggota PPK ini, KPU Batam berharap dapat melaksanakan Pilkada 2024 dengan sukses dan lancar, melalui kerja sama dan koordinasi yang baik dengan semua pihak terkait.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Muhammad Ravi

BAGIKAN