KMP Bahtera Nusantara Berlayar Sebelum Lebaran, Siap Layani Rute Tanjunguban-Sintete

Bintan (gokepri.com) – KMP Bahtera Nusantara 01 segera beroperasi dan melayani penumpang rute Tanjunguban-Sintete. Saat ini pengoperasian kapal tersebut masih menunggu kepastian tarif yang sedang digodok oleh Pemprov Kepri, Pemkab, dan ASDP.

“Pengoperasian kapal roro berkapasitas besar ini akan dimulai sebelum lebaran atau saat Ramadan. Saat ini Operator pelayaran tinggal menunggu izin persetujuan rute yang akan di layari Kapal tersebut dari kepala daerah dan Menteri Perhubungan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Bintan, Insan Amin.

Menurut Insan, sesuai dengan fungsinya, KM Bahtera Nusantara 01 diperuntukkan bagi tranportasi antar pulau di kabupaten dan provinsi. Sehingga diperlukan persetujuan dari kepala daerah dan kementerian. Sedangkan untuk melayani rute daerah lain seperti Tambelan-Sintete atau Sintete-Penagi, belum dapat dipastikan jadwalnya.

“Kalau untuk angkut penumpang dipastikan sebelum lebaran sudah bisa. Sekarang sedang menunggu penetapan tiga Surat Keputusan (SK) yang akan memberikan untuk dasar tarif pelayaran kapal,”ujar Insan.

Ketiga SK itu, lanjut Insan, menyangkut SK Bupati, SK Gubernur dan SK Menteri. Untuk tarif, memang belum ditentukan pasti. Namun sudah ada kisi-kisi rumusan angka tarif untuk penumpangnya.

Kepala Dinas Perhubungan Natuna, Iskandar DJ juga mengungkapkan rencana pengoperasian KMP Bahtera Nusantara 01 sebelum lebaran. “Saat ini antara Pemprov, Pemda bersama pihak ASDP masih mengodok tarif trayek kapal. Masih menunggu keputusan untuk tarifnya,” ucapnya.

Untuk rute kapal roro, kata Iskandar, sudah dibahas dan ditetapkan pada rapat minggu lalu di Tanjungpinang. “Hasil rapat, Kapal roro ini nanti akan berlayar dengan trayek dari Tanjung Uban-Matak-Penagi-Serasan-Sintete,” katanya. (wan)

BAGIKAN