Keterampilan Perempuan Harus Terus Ditingkatkan

Ketua TP PKK Kepri Hj Meri Isdianto saat Vicon Rakor Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak se-Kepri di Batam, Rabu (8/7/2020). Humas Pemprov Kepri

Batam (gokepri.com)- Ketua TP PKK Kepri Hj Meri Isdianto mengatakan keterampilan terhadap kaum perempuan harus terus ditingkatkan. Terlebih untuk masyarakat pesisir pada sektor UMKM.

“Ketrampilan mereka harus terus ditingkatkan dengan berbagai pelatihan. Termasuk di sektor UMKM harus segera dilaksanakan agar masyarakat pesisir bisa meningkat perekonomiannya,” kata Meri Isdianto saat Vicon Rakor Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak se-Kepri di Batam, Rabu (8/7/2020).

Menurut Meri Isdianto, peningkatan pendapatan merupakan faktor pendukung untuk menekan kekerasan yang terjadi pada perempuan dan anak. Terlebih untuk masyarakat pesisir yang di Kepri dengan luas lautannya mencapai 96 persen.

Kondisi ini, kata Meri, menjadi PR tersendiri untuk diselesaikan. Sehingga ke depan bisa menekan, mencegah bahkan mengurangi dampak dari kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak.

“Saat ini pendapatan perempuan di Kepri baru mencapai kisaran 26 persen saja, hal ini harus terus ditingkatkan dengan pelatihan-pelatihan agar UMKM terus tumbuh dan menjadi sumber pendapatan baru bagi keluarga,” kata Meri.

Ketua Dekranasda Kepri ini berharap kepada Pemerintah Pusat untuk mencarikan solusi tentang bagaimana upaya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat hinterland yang tidak memiliki jaringan internet, sehingga pengetahuan akan dunia luar sempit. Dengan kurangnya informasi dari dunia luar membuat kegiatan masyarakat hinterland/pesisir menjadi monoton sehingga berakibat kekerasan dalam rumah tangga dan kegiatan yang merugikan keluarga lainnya. (acp)

BAGIKAN