Kepri Navy Open Water Swimming Akan Masuk Kalender Pariwisata

kepri navy open water swimming
Kepri Navy Open Water Swimming yang digelar TNI di Kota Tanjungpinang, Sabtu (8/6/2024). Foto: Gokepri.com/Engesti

Tanjungpinang (gokepri.com) – Event Kepri Navy Open Water Swimming bakal dimasukkan ke dalam kalender pariwisata Kepri di tahun-tahun selanjutnya. Event ini telah digelar di kawasan Tugu Sirih Kota Tanjungpinang, Sabtu 8 Juni 2024.

Dalam event ini ada sejumlah cabang perlombaan dipertandingkan, yakni, open water swimming renang tanpa alat dengan jarak 3.000 meter untuk TNI/Polri dan umum.

Kejuaraan terbuka open water swimming jarak 1.500 meter untuk pemula usia 13 – 16 tahun, dan lomba dayung perahu karet jarak 1.500 meter untuk siswa SMA sederajat.

Baca Juga: 22 Event Pariwisata Unggulan Tanjungpinang Hadir di 2024

Selain perlombaan, dalam event ini juga digelar bazar yang melibatkan para pelaku UMKM di Provinsi Kepri, pemeriksaan kesehatan gratis serta pembagian sembako untuk masyarakat tidak mampu

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan agenda yang digelar TNI ini menjadi agenda yang memperkaya atraksi pariwisata di Kepri.

“Tadi saya ngobrol dengan Pangkogabwilhan l Insyallah dengan izin Pak Kasal kerja sama kita dengan TNI AL, event ini akan kita jadikan sebagai kalender tahunan pariwisata di Provinsi Kepri, dan nanti setiap tahun Insyallah akan didukung dengan APBD Provinsi Kepri,” katanya.

Setelah Kepri Navy Open Water Swimming ini selesai tim dari Pemprov Kepri bersama TNI AL akan melakukan rapat evaluasi untuk peningkatan skala event yang diselenggarakan untuk tahun depan.

“Supaya event seperti ini bisa kita perluas tidak hanya skala daerah atau nasional, tapi akan kita kemas menjadi event internasional,” terangnya.

Sejumlah pejabat di Kepri menghadiri event Kepri Navy Open Water Swimming. Foto: Gokepri.com/Engesti

Ansar mengatakan setelah masa pandemi Covid-19 berakhir, beberapa event di Tanjungpinang telah mulai diadakan lagi. Demi meningkatkan kunjungan wisatawan, berbagai event juga diadakan setiap tahun di Tanjungpinang.

Di antaranya Festival Kopi Merdeka yang biasanya digelar di bulan Agustus di Jalan Merdeka. Kemudian beberapa event lain ada juga digelar di Kabupaten Bintan yang nantinya bisa diakses masuk sampai Tanjungpinang.

“Kita akan mengemas Kota Tanjungpinang, karena Kota Tanjungpinang ini kota pendukung untuk datangnya wisatawan dari kawasan Bintan, dan Batam agar kunjungan para turis bisa lebih bisa lebih lama di Kepri,” kata dia.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat memberikan sambutan dalam pembukaan Kepri Navy Open Water Swimming. Foto: Gokepri.com/Engesti

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Guntur Sakti mengatakan event Kepri Navy Open Water Swimming 2024 di Ibu Kota Kepri, Tanjungpinang ini menurutnya sangat mendukung pariwisata di Provinsi Kepri, khususnya Kota Tanjungpinang.

Menurutnya, Kepri Navy Open Water Swimming ini merupakan event sport tourism yang bisa dijadikan event untuk tahun-tahun mendatang.

Guntur mengatakan event tersebut nanti skalanya akan dibuat lebih besar dengan kualitas yang ditingkatkan. Selain itu event pendukungnya juga akan diperbanyak.

“Jadi dari Pemprov Kepri, khususnya Dispar Kepri menyambut baik gagasan Gubernur Kepri yang ingin menjadikan kegiatan seperti ini masuk dalam kalender event Pemprov kepri. Nanti kami sepakati pelaksanaan tahun depan itu dengan menyusun kalendernya,” kata Guntur.

Ia menyebut nama eventnya nantinya bisa dibuat menjadi Navy Open Water Swimming, tapi selain itu juga akan disusun event pendukungnya apa saja. Hal itu bertujuan agar dalam kegiatan tersebut dapat saling berkolaborasi antara TNI AL, Pemprov Kepri, Pemerintah Kota Tanjungpinang dan stakeholder lainnya.

Nantinya tujuan utama event tersebut adalah untuk menggerakkan roda perekonomian dan bisa mendatangkan wisatawan. Selain itu juga dapat mengangkat citra dan daya saing pariwisata di Tanjungpinang.

“Nanti akan kita jadikan tingkat internasional soalnya yang saat ini masih lokal,” kata Guntur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti

BAGIKAN