Kepri Memikat Wisatawan Lewat Lensa Fotografer

Eksplore Kepri 2024
Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, membuka event Eksplore Kepri 2024. Foto: Dispar Kepri

Tanjungpinang (gokepri) – Membidik keindahan alam dan budaya melalui lensa kamera, 80 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia, serta Malaysia dan Singapura, berkumpul dalam ajang Eksplore Kepri 2024. Ajang yang digelar pada 12-15 Mei 2024 di Tanjungpinang dan Bintan ini diharapkan dapat menjadi pemicu kebangkitan pariwisata Kepulauan Riau melalui kekuatan visual.

Eksplore Kepri 2024, event fotografi yang diselenggarakan oleh Kepri Photo Community (KPC), resmi dimulai pada Minggu malam (12/5) di Restoran Sei Nam, Tanjungpinang. Acara ini dihadiri oleh 80 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia, serta perwakilan dari negara tetangga Malaysia dan Singapura.

Para fotografer akan menjelajahi berbagai objek wisata di Kepri, seperti pantai, pulau, desa, dan situs budaya, dan mengabadikan keindahannya melalui foto. Karya-karya mereka diharapkan dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kepri.

Baca Juga:

Acara ini juga bertujuan untuk mentransfer ilmu fotografi kepada para peserta dan mendapatkan masukan bagi pengembangan pariwisata Kepri ke depan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Guntur Sakti, yang mewakili Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menyampaikan bahwa Kepri memiliki potensi wisata yang luar biasa, baik dari segi alam maupun budayanya. Hal ini dibuktikan dengan 20 persen wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia masuk melalui Kepri sebagai pintu masuk utama selain Bali dan Jakarta.

“Kepri adalah daerah perbatasan yang dekat dengan Singapura dan Malaysia, memiliki 2.408 pulau, dengan 300 lebih berpenghuni dan 22 di antaranya merupakan pulau terluar,” ungkap Guntur.

eksplore kepri 2024
Pembukaan Eksplore Kepri 2024. Foto: Dispar Kepri

Menurutnya, dengan potensi pariwisata yang luar biasa dari segi alam dan budayanya, Kepri menjadi satu-satunya provinsi di kawasan perbatasan sekaligus pintu masuk wisatawan mancanegara utama di Indonesia. Ia mengatakan bahwa daya tarik utama kunjungan wisatawan ke Indonesia adalah budaya (60 persen), alam (30 persen), dan buatan manusia (10 persen).

Guntur meyakini hasil karya fotografer di Eksplore Kepri 2024 ini dapat memperlihatkan keindahan alam dan budaya Kepri dengan memadukan visual dan narasi yang powerful. Ia berharap karya-karya tersebut dapat mengabadikan keindahan Kepri dan mempromosikannya ke dunia.

“Semua komponen daya tarik itu ada di Kepri sebagai episentrum Kerajaan Riau-Johor-Lingga pada masa lalu. Saya yakin hasil karya para fotografer dapat memperlihatkan keindahan alam dan budaya Kepri dengan memadukan visual dan narasi yang powerful. Semoga dapat mengabadikan keindahan Kepri lewat lensa mereka,” harap Guntur.

Guntur juga menyampaikan salam hangat dari Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang sangat mengapresiasi digelarnya acara ini. Guntur menyampaikan pesan dari Ansar Ahmad agar para fotografer benar-benar memanfaatkan event ini untuk mengupas daya tarik pariwisata di Kepri dan memperkenalkannya ke daerah asal mereka.

“Bapak gubernur berharap sekali teman-teman fotografer bisa menjadi penyebar pesan tentang keindahan alam di Kepri dan kekayaan budayanya,” ucapnya.

Ketua Panitia Eksplore Kepri 2024, Cano, menambahkan tujuan diadakannya event ini adalah untuk mentransfer ilmu fotografi kepada para peserta sekaligus mendapatkan masukan bagi pengembangan pariwisata Kepri ke depan.

“Kawan-kawan harus meresap bahwa ada banyak cara untuk mengembangkan sektor pariwisata, bukan hanya fokus di Tanjungpinang saja. Tetapi harus ada bukti berupa foto dan video yang powerful untuk memvisualisasikan keindahan Kepri,” ujar Cano.

Salah satu peserta asal Malaysia, Raja Kemal, mengapresiasi terselenggaranya Eksplore Kepri 2024. Ia yakin bahwa fotografi dapat membantu mengembangkan ekosistem pariwisata suatu daerah.

“Saya setuju bahwa fotografi membantu ekosistem pariwisata. Ini sudah kali keempat saya mengunjungi Tanjungpinang dan saya yakin acara seperti ini akan membuka jejaring pertemanan kami sesama fotografer dari lintas negara,” tutur Raja Kemal.

Eksplore Kepri 2024 akan berlangsung di Tanjungpinang dan Bintan pada 12-15 Mei 2024. Rangkaian acara meliputi hunting foto di berbagai objek wisata, kunjungan ke desa, berbagai konseptual foto, sharing session photography, dan ditutup dengan gala dinner.

Diharapkan event ini dapat mengangkat potensi pariwisata Kepri melalui karya-karya fotografi para peserta dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kepri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN