Kemenkes Bagikan Tips Jaga Kesehatan Bagi Calon Jemaah Haji

Cara pelunasan biaya haji terbaru
Calon jemaah haji Embarkasi Batam sedang melakukan pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Batam, Selasa 23 Mei 2023. Foto: Gokepri.com/Engesti

Jakarta (gokepri.com) – Kepala Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan Lilik Marhaendro Susilo bagikan tips menjaga kesehatan bagi calon jemaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci.

Untuk diketahui para calon jemaah haji akan diberangkatkan secara bertahap mulai 12 Mei 2024. Proses keberangkatan ini akan berlangsung hingga 10 Juni 2024.

Tahun ini Indonesia mendapat kuota haji sebanyak 241.000 jemaah. Dilansir laman Kementerian Agama, dari total jumlah calon haji ini sebanyak 45.000 di ataranya kategori lanjut usia.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia Mulai Terbang ke Tanah Suci 12 Mei 2024

Untuk menjaga kesehatan jemaah, Kementerian Agama (Kemenag) menerapkan syarat istithaah kesehatan sebelum para jemaah melunasi biaya haji. Kemenag juga telah merilis Senam Haji untuk menjaga kebugaran para jemaah.

Lilie mengatakan dari hasil pemeriksaan calon haji, ada beberapa penyakit penyerta yang umum diderita para calon haji, di antaranya dislipidemia atau kolsterol, hipertensi dan diabetes.

Ia pun membagikan beberapa tips yang bisa diterapkan oleh para calon haji, di antaranya

  • Dianjurkan para jemaah menstabilkan kesehatannya dengan rutin minum obat, sebab rata-rata penyakit yang diderita jemaah adalah penyakit yang butuh perawatan.
  • Rutin olahraga ringan untuk menghindari kelelahan, minimal 30 menit setiap hari.
  • Hindari makanan dan minuman manis berlebihan, demikian juga makanan asin. Pastikan asupan nutrisi tercukupi.
  • Perbanyak jalan kaki atau naik sepeda.
  • Usahakan istirahat seminggu sampai tiga hari sebelum keberangkatan. Jangan memforsir diri dengan kegiatan yang menyebabkan kelelahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

***

BAGIKAN