Kelompok Kepiting Laut Anambas Dapat Bantuan Konservasi

Kepiting Anambas

Anambas (gokepri.com) – Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (Ditjen PRL) menyalurkan bantuan sarana dan prasarana konservasi kepada Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK) atau yang lebih dikenal dengan bantuan Kompak kepada Kelompok Kepiting Laut di Desa Belibak, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Bantuan berupa alat selam dan sarana penunjang wisata bahari serta pelestarian lingkungan dengan nilai sebesar Rp99.816.200 diserahkan secara simbolis melalui LKKPN Pekanbaru Wilayah Kerja Taman Wisata Perairan (TWP) Kepulauan Anambas kepada Ketua Kelompok Kepiting Laut. Acara serah terima bantuan kali ini dilaksanakan secara virtual dikarenakan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pamuji Lestari yang akrab disapa Tari menerangkan, kawasan konservasi perairan TWP Kepulauan Anambas merupakan kawasan konservasi perairan terluas kedua di Indonesia yang memiliki keanekaragaman hayati laut yang melimpah, pantai pasir putih yang menawan, serta gugusan pulau-pulau kecil dengan gradasi biru perairan yang indah.

“Pengelolaan TWP Kepulauan Anambas perlu keterlibatan kelompok masyarakat secara aktif. Dengan peran aktif ini kelestarian sumber daya di dalamnya akan terjaga,” terang Tari dalam keterangan resmi KKP, Minggu (22/8/2021).

Tari juga menjelaskan keterlibatan masyarakat diperlukan untuk menumbuhkan kesadaran diri dan mencegah perilaku manusia yang bersifat merusak ekosistem dan sumber daya laut khususnya di kawasan konservasi perairan. Hal ini sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono agar dalam pengelolaan kawasan konservasi perlu menjaga keseimbangan antara ekonomi dan ekologi.

“Saya berharap bantuan peralatan selam penunjang kegiatan wisata dan pelestarian lingkungan ini dapat dioptimalkan pemanfaatannya untuk menunjang kegiatan kelompok dalam mendukung pengelolaan kawasan konservasi perairan TWP Kepulauan Anambas,” jelasnya.

Acara Serah Terima Bantuan KOMPAK dihadiri oleh Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Andi Rusandi, Pengelola Ekosistem Laut dan Pesisir Ahli Utama Agus Dermawan, dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra beserta staf dan jajarannya secara virtual.

Direktur Konservasi dan Keanekaragaman Hayati Laut Andi Rusandi menyampaikan dalam sambutannya bahwa KKP telah menyalurkan bantuan kepada 15 kelompok masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas dalam kurun 2017 hingga 2021 dengan total nilai mencapai Rp1,5 miliar.

Wakil Bupati Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra menyambut baik dan mengungkapkan apresiasi kepada KKP atas penyaluran bantuan pemerintah kepada kelompok masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Dengan adanya bantuan ini saya berharap semakin memudahkan kegiatan Kelompok Kepiting Laut untuk berperan aktif dalam upaya kegiatan perlindungan, pelestarian dan pemanfaatan sumber daya perairan di sekitar Kabupaten Kepulauan Anambas, khususnya di Kawasan Konservasi TWP Kepulauan Anambas,” tutur Wan saat memberikan sambutannya.

Di kesempatan yang sama, Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniwan juga meminta masyarakat sekitar dapat menjaga sumber daya alam yang ada di sekitar Anambas khususnya di kawasan konservasi TWP Kepulauan Anambas.

“Bantuan ini diharapkan dapat mendorong Kelompok Kepiting Laut semakin giat dalam kegiatan konservasi dan menjadi contoh bagi kelompok-kelompok masyarakat konservasi lainnya menggerakkan masyarakat untuk ikut andil dalam upaya pelestarian dan perlindungan sumber daya alam,” jelas Fajar.

Kelompok Kepiting Laut telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan melalui Peraturan Dirjen PRL Nomor 8 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Konservasi Tahun 2021, dan telah melalui tahapan seleksi serta penilaian yang dilakukan tim verifikasi atas usulan yang diajukan melalui proposal bantuan bidang konservasi tahun anggaran 2021.

Baca juga: Positif Covid-19, Bupati Anambas Dirujuk ke Batam

Sementara itu, Ibrahim yang mewakili Kelompok Kepiting Laut pun berkomitmen untuk mengoptimalkan pemanfaatan bantuan bagi kegiatan konservasi dan pemanfaatan di Kawasan Konservasi TWP Kepulauan Anambas.

Penyerahan bantuan turut dihadiri perwakilan Lanal Tarempa, Polair Kepulauan Anambas, Bappeda Kabupaten Kepulauan Anambas, Dinas Perikanan, Pertanian dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas, Satwas SDKP Kepulauan Anambas dan unsur pemerintah daerah lainnya. (wan)

BAGIKAN