Kebakaran Minibus di SPBU Sagulung, Seorang Balita Tewas

kebakaran spbu batam
Rekaman kebakaran minibus di SPBU Batuaji, Batam, Sabtu (13/2/2021). (foto: gokepri)

Batam (Gokepri.com) – Seorang balita tewas akibat kebakaran di SPBU Sagulung, Kota Batam, yang terjadi Sabtu (13/2/2021) sore.

Balita yang diperkirakan berusia 2-3 tahun dan belum diketahui jenis kelaminnya itu ditemukan 15 menit setelah kebakaran dan api padam. Kondisinya mengenaskan.

Menurut penuturan saksi mata, balita itu berada di kursi bagian tengah minibus. Minibus itu hangus terbakar menyisakan bodi sedangan bagian dalamnya ludes terbakar.

Polisi dan anggota TNI sudah berada di lokasi saat pemadaman. Jenazah balita yang jadi korban sudah dievakuasi. Selain balita, seorang pria juga mengalami luka kabar di kedua tangannya.

Terdapat 3 orang yang berada di dalam mobil tersebut. Saat mobil terbakar, dua orang berhasil menyelamatkan diri dan kini berada di rumah sakit. Sementara satu orang terjebak lantaran tak bisa membuka pintu.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batam Azman menyatakan anak itu terbakar dalam angkutan umum minibus yang dikendarai ayahnya.

“Kebetulan dia (supir) dengan dua anaknya,” kata Azman.

Supir tersebut sempat menyelamatkan seorang anaknya untuk ke rumah sakit, namun seorang lainnya masih tertinggal di bus.

Ia mengatakan api yang membakar minimus langsung dapat dikendalikan petugas SPBU yang bertugas menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) yang dimilikinya sehingga tidak sempat melebar ke wilayah SPBU lainnya.

Pihaknya sempat mengerahkan mobil pemadam kebakaran ke lokasi.

“Kami sudah ke sana. Pas di sana, sudah pemadaman oleh petugas SPBU menggunakan APAR mereka,” kata dia.

Dalam kesempatan itu ia mengingatkan agar pengendara memperhatikan kendaraannya sebelum bepergian, terutama yang berusia di atas 10 tahun.

Apalagi saat hendak mengantre bahan bakar yang harus mengantre dalam waktu relatif lama.

“Perhatikan kendaraan saat hendak dioperasikan, bukan saat hendak mengisi BBM saja. Karena musibah yang sama juga bisa terjadi bukan sewaktu isi bahan bakar,” kata dia.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak sembarangan membakar di saat musim kemarau seperti saat ini, agar tidak terjadi musibah.

Sementara itu, hingga kini pihak Pertamina masih belum memberikan konfirmasi mengenai musibah yang terjadi di SPBU itu.

Diberitakan, Sebuah minibus di SPBU Sagulung, Kota Batam, tiba-tiba terbakar ketika petugasnya sedang mengisi bensin dari tangki, Sabtu (13/2/2021) sore.

Minibus yang biasa disebut carry itu sudah mengobarkan api ketika sejumlah pengendara merekam kejadian itu. Kejadian bersamaan dengan azan Ashar, Sabtu (13/2/2021) sore.

Dalam rekaman lain, tampak petugas SPBU sudah berupaya memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran tapi api tak kunjung padam.

Api hitam membumbung di bagian kiri SPBU. Posisi mobil persis di samping dispenser.

Api padam berhasil dipadamkan selama 15 menit. Tampak polisi sudah berada di lokasi. Belum tampak Pemadam Kebakaran ketika api sudah padam.

Lokasi kejadian persis di samping Komplek Perumahan Taman Merapi Subur, Kelurahan Tembesi, Sagulung.

(eri)

Berikut rekaman video milik warga di lokasi kebakaran:

BAGIKAN