Jaringan Anies Baswedan Mulai Garap Dukungan Pilpres 2024

Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Makassar (gokepri.com) – Jaringan Anies Baswedan mulai garap basis di Sulawesi Selatan. Kelompok itu menamai dirinya Mileanies 2024. Gubernur DKI Jakarta itu menjadi salah satu figur yang punya kans di Pilpres 2024. Survei elektoralnya selalu berada di 5 besar top survei. Bahkan tak jarang Anies mengungguli figur besar lainnya.

Mileanies 2024, pendukung Anies Baswedan di Sulawesi Selatan berinisiatif untuk memulai lebih awal menggaet basis dukungan masyarakat. Manuver mereka telah dalam tahap pemantapan membentuk struktur kerja di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Dan tak menutup kemungkinan jaringan ini akan bekerja secara nasional.

Inisiator Mileanies 2024, Muhammad Ramli Rahim mengatakan, dirinya telah mengumpulkan orang-orang yang menginginkan Anies Baswedan bertarung di Pilpres 2024 mendatang. Dan sejauh ini sudah banyak yang menyatakan kesediaannya.

Sebagai Demisioner Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia, Ramli Rahim meyakini, dengan kekuatan jaringan yang dimilikinya, struktur kerja Mileanies 2024 akan segera rampung.

“Pada dasarnya kita sudah banyak yang mau, jaringan kita sudah ada di seluruh Indonesia. Kita semua ingin Anies Baswedan maju Pilpres dan sama-sama kerja memenangkannya,” ujar Ramli, Sabtu (15/5/2021).

Ke depan, Mileanies 2024 tinggal menggelar deklarasi jika semua jaringan telah disatukan. Rencananya, Juli mendatang sudah siap deklarasi dan memulai kerja-kerja elektoral.

Ramli mengatakan, Anies Baswedan merupakan sosok intelektual yang dipercaya mampu mengemban amanah memperbaiki tatanan kehidupan rakyat Indonesia. Terlebih, dari segi pengalaman dan kemampuan, Anies telah membuktikannya.

Anies yang saat ini menjabat Gubernur DKI Jakarta telah mampu menunjukkan kinerja terbaiknya. Terbukti, sejumlah program telah berjalan dengan capaian memuaskan.

Misalnya, proyek pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) yang telah sampai 50% lebih. Kemudian, masalah banjir Jakarta yang perlahan mulai terkendali di beberapa titik. Dan yang lain, seperti program Rumah DP 0 persen juga berjalan dengan baik.

“Belum lagi kalau kita bicara tentang bagaimana beliau waktu menjabat Menteri Pendidikan,” urainya.

Soal bagaimana penerimaan masyarakat di Sulawesi Selatan terhadap sosok Anies, Ramli Rahim tak khawatir. Pasalnya, dalam beberapa kesempatan Anies mengunjungi sejumlah daerah di Sulawesi Selatan, antusias masyarakat sangat baik. Baginya, Anies punya magnet tersendiri.

Anies yang saya tahu juga punya kedekatan yang sangat baik dengan tokoh-tokoh dari Sulawesi Selatan. “Misalnya Pak JK (Wakil Presiden Jusuf Kalla) keduanya adalah sahabat diskusi,” ungkapnya.

Berbicara tentang elektabilitas, dalam Survei terakhir yang dirilis Indobarometer pada 27 April sampai 3 Mei 2021, Anies memang patut diperhitungkan karena berada di posisi ke lima dengan presentase 5,9%. Sementara itu, pada hasil survei lainnya yang dirilis Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) di bulan Mei 2021. Prabowo Subianto ada di posisi pertama 16,4%, dan Anies di posisi kedua dengan perolehan 12,8%. (wan)

BAGIKAN