Jaga Kebersamaan Tangani Pandemi

dokter reisa broto
Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 , Dokter Reisa Broto Asmoro. (@bnpb)

Jakarta (gokepri.com) – Momentum kebersamaan harus terus terpelihara guna memastikan masyarakat siap hidup berdampingan dengan Covid-19. Duta Adaptasi Kebiasaan Baru, dr. Reisa Broto Asmoro mengajak masyarakat lebih tanggap menghadapi risiko Covid-19 dengan menegakkan protokol kesehatan dan vaksinasi.

“Capaian vaksinasi sudah menembus angka 80 juta untuk dosis pertama dan 45 juga untuk dosis kedua. Semua adalah berita menggembirakan dan harus kita pertahankan,” tuturnya dalam Forum Merdeka Barat 9 secara virtual, Rabu (22/9/2021).

Reisa menjelaskan, vaksinasi adalah syarat penting untuk menjalani proses transisi dari pandemi menjadi endemi. Selain memenuhi target cakupan, pemerataan capaian vaksinasi Covid-19 juga harus diperhatikan, terutama pada kelompok lansia.

“Keberhasilan mempertahankan PPKM Level 2 di beberapa kota besar adalah hasil kerja bersama dengan wilayah-wilayah sekitarnya. Maka keberhasilan pemerataan cakupan vaksinasi pun memiliki prinsip yang sama,” jelas Reisa.

Wilayah aglomerasi, menurut Reisa, dapat saling membantu dalam testing, tracing, dan treatment (3T), menjaga mobilitas, mencegah kerumunan, serta mevaksinasi warganya. Hal ini sejalan dengan prinsip Badan Kesehatan Dunia (WHO), bahwa kita aman kalau semua aman.

“Karena tidak ada yang aman dari risiko penularan Covid-19 kalau semua orang belum aman oleh vaksinasi,” katanya. (wan)

Baca juga: Membangun Butuh Kebersamaan

BAGIKAN