Isdianto Tersingkir dari Bursa Ketua Demokrat Kepri

Isdianto Demokrat Kepri
Agus Wibowo, Husnizar Hood, dan Asnah bertarung di Musda Partai Demokrat Kepri.

Jakarta (gokepri.com) – Setelah sempat beberapa kali tertunda, musyawarah daerah (Musda) ke-4 Partai Demokrat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) akhirnya terlaksana. Berbeda dengan musda-musda sebelumnya, musda kali ini tidak berlangsung di Kepri, tapi dilaksanakan di Lumire Hotel and Convention Center Jakarta pada Jumat 19 November 2021.

Menariknya, pada musda kali ini adalah tersingkirnya nama mantan Gubernur Kepri, Isdianto di bursa calon Ketua Demokrat Kepri. Hal itu terungkap saat Ketua BPOKK DPP Partai Demokrat, Herman Khaeron selaku pimpinan sidang membacakan surat keputusan tentang Calon Ketua Partai Demokrat Kepri yang dinyatakan lulus verifikasi. Mereka adalah Agus Wibowo, Husnizar Hood, dan Asnah.

Ketua Organizing Committee (OC) Musda Partai Demokrat Kepri, Harlianto mengatakan bahwa ketiga calon Ketua Partai Demokrat Kepri tersebut akan menjalani fit and proper test pada Senin, 29 November 2021.

“Agus Wibowo, Husnizar Hood, dan Asnah harus menjalani fit and proper test pada Senin mendatang bersama tiga pimpinan DPP. Semoga dalam 14 hari ke depan kita sudah mendapatkan nama Ketua DPD Partai Demokrat Kepri yang baru,” harapnya.

Sebelumnya, musda Partai Demokrat Kepri ditunda sekitar dua bulan lalu. Nama Isdianto sempat mencuat sebagai Calon Ketua Partai Demokrat Kepri bersama Husnizar Hood dan Asnah menjelang musda yang diagendakan pada 4 September 2021 di Lagoi, Bintan.

Ketiganya sudah memenuhi dukungan minimal 20 persen atau minimal 2 dari 9 suara untuk maju sebagai calon ketua. Isdianto kabarnya mendapat dukungan dari Partai Demokrat Kota Batam dan Kabupaten Lingga. Husnizar didukung Partai Demokrat Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Sedangkan Asnah  mengantongi dukungan dari Partai Demokrat Kabupaten Natuna dan Anambas.

Sementara 3 suara lagi adalah milik DPC Partai Demokrat Karimun, DPW Partai Demokrat Kepri, DPP Partai Demokrat. Namun Plt Ketua DPD Partai Demokrat Karimun Olfriady Letunggamu dan Plt Partai Demokrat Kepri Renanda Bachtar memilih untuk tidak memberikan hak suaranya.

Namun tiba-tiba, agenda musda yang dekat dengan pelaksanaan HUT ke-20 Partai Demokrat tersebut batal. Musda kemudian diagendakan ulang pada 14 September 2021, batal lagi, dan akhirnya terlaksana pada 19 November.

Hasil musda tersebut tidak serta merta menentukan keterpilihan calon sebagai Ketua DPD. Musda hanya merekomendasikan tiga nama calon untuk direkomendasikan kepada DPP Partai Demokrat. Keputusan akhirnya akan ditentukan oleh tim DPP Partai Demokrat yang terdiri dari Ketua Umum, Sekjen, dan Ketua BPOKK. (wan)

Baca juga: Husnizar, Isdianto dan Asnah Perebutkan Ketua Demokrat Kepri

BAGIKAN