Indonesia Segera Kirim Dokter ke Gaza untuk Operasikan RS Lapangan

indonesia kirim dokter ke Gaza
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan keterangan pers kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/6/2024). ANTARA/Mentari Dwi Gayati

JAKARTA (gokepri) – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan Indonesia siap mengirimkan dokter dan perawat untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di Gaza untuk membantu masyarakat Palestina yang terluka di sana.

Hal itu disampaikan Prabowo saat menghadiri KTT Tanggap Darurat Gaza di Jordania beberapa waktu lalu, sebagaimana diungkapkan Prabowo dalam keterangannya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis sore 13 Juni, usai bertemu Presiden Joko Widodo.

Baca:

“Kami juga waktu itu (saat menghadiri KTT di Jordania) menyampaikan Indonesia siap mengirim tenaga dokter dan perawat untuk mengoperasikan rumah sakit lapangan di kawasan Gaza,” kata Prabowo usai melapor ke Jokowi di Jakarta.

Menurut Prabowo rencana mengirim tenaga kesehatan ke Gaza sedang dibicarakan dengan beberapa pihak.

Sedangkan Presiden Joko Widodo, kata Prabowo, menginstruksikan agar TNI tetap menyiapkan pesawat Hercules untuk mengirimkan bantuan ke Gaza lewat udara apabila diminta dan diizinkan.

Prabowo mengatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang paling konkret saat menghadiri KTT Tanggap Darurat Gaza di Jordania.

Selain siap mengirim dokter, Indonesia juga siap mengevakuasi 1.000 pasien Palestina ke Indonesia, sebagai tahap awal.

Indonesia juga siap menerima anak-anak yatim piatu di Palestina yang mengalami trauma, untuk dirawat dan disekolahkan di Indonesia, sebelum nantinya dikembalikan ke Gaza jika situasi sudah aman. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN