Imbas Virus Corona, Kunjungan Wisatawan ke Batam dan Bintan Anjlok

Kunjungan wisatawan melalui pintu masuk pelabuhan di Provinsi Kepri. Foto: Dok. Gokepri.com

Jakarta (gokepri.com) – Munculnya wabah virus corona di China menyebabkan tingkat kunjungan wisatawan ke Batam dan Bintan anjlok. Selain Batam dan Bintan, daerah yang paling banyak terdampak penurunan wisatawan adalah Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, ketiga daerah tersebut merupakan daerah yang jumlah penurunannya paling signifikan. Ini mengingat jumlah wisatawannya kebanyakan berasal dari China.

“Pasti Bali, Sulawesi Utara, Batam, Bintan. Belum lagi tren secara umum secara psikologis menurun gitu ya. Jadi kita berusaha meningkatkan,” kata Wishnutama di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Rabu (19/2/2020) malam.

Kini, Kata Wishnutama, pihaknya sedang mencari cara lain untuk menaikan jumlah wisatawan lokal. Salah satunya adalah dengan memberikan diskon tiket pesawat dan hotel.

“Kita akan buatkan insentif dan lain-lain dan sebagainya. Tapi itu masih dalam pembahasan lebih detailnya bagaimana,” ucap Wishnutama.

Sebelumnya, Wishnutama mengatakan, pemerintah bakal memberikan diskon tiket pesawat dan tarif hotel untuk meningkatkan kembali pariwisata Indonesia yang lesu akibat virus corona. Saat ini pemerintah tengah menyiapkan skema pemberlakuan diskon tiket pesawat dan tarif hotel. (wan)

BAGIKAN