IKPK Minta Percepat Stimulus untuk UMKM

Ketua Bidang Koperasi, Perdagangan dan UMKM IKPK Batam, Henky Purnama.
Ketua Bidang Koperasi, Perdagangan dan UMKM IKPK Batam, Henky Purnama.

Batam (gokepri.com) – Ikatan Keluarga Padang Kota (IKPK) Batam mendukung perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh pemerintah. Hal ini disampaikan Ketua Bidang Koperasi, Perdagangan dan UMKM IKPK Batam, Henky Purnama.

“PKKM Darurat yang dikenal sekarang level 4 dilakukan pemerintah untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19,” katanya, Selasa (27/7/2021).

Hanya saja, lanjut Henky, pemerintah perlu memperhatikan sektor UMKM sebagai pondasi ekonomi yang masih bertahan sampai sekarang. Apabila goyang pondasi tersebut, bisa menyebabkan terjadinya resesi di negeri ini.

“Dengan situasi pandemi yang terjadi di Indonesia saat ini, sektor usaha yang mampu bertahan menghadapinya yakni sektor riil pengusaha UMKM,” katanya.

Henky melihat dari banyaknya masyarakat IKPK yang ada di Batam, sekitar 70 persennya terdampak PPKM Level 4. Oleh karenanya, pemerintah diminta secepat mungkin memberikan stimulus kepada sektor ini, supaya roda ekonomi tetap berjalan.

“Saya khawatir bila stimulus yang diberikan terlalu kecil dan pemulihan ekonomi berjalan lambat, maka industri, apalagi sektor UMKM akan kehilangan pasar serta mengalami kesulitan modal,” katanya. (eri)

BAGIKAN