Guntur Sakti: Presiden Tetapkan Tema Wisata 4 Wilayah di Kepri

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri Guntur Sakti. Foto: Gokepri.com/Muhammad Ravi

Tanjungpinang (gokepri.com) – Kepala Dinas Pariwisata Kepri Guntur Sakti mengatakan melalui terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 1 tahun 2024 Presiden Joko Widodo menetapkan tema pariwisata untuk empat wilayah di Kepri.

Perpres yang diterbitkan pada 2 Januari 2024 ini mengatur Rencana Induk Pengembangan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam, Bintan, Tanjungpinang, dan Karimun.

“Dalam perpres itu sudah diatur pembangunan pariwisata diarahkan berbasis keunggulan komparatif dan kompetitif di masing-masing wilayah,” kata Guntur, Rabu 21 Februari 2024 di Tanjungpinang.

Baca Juga: Empat Agenda Wisata di Kepri Masuk Kharisma Event Nusantara 2024

Ia mengatakan dalam Perpres tersebut Presiden menetapkan tema wisata di empat kabupaten/kota di Kepri yaitu Batam, Bintan, Tanjungpinang dan Karimun.

Guntur merinci, untuk Batam tema wisatanya adalah belanja, pantai, resort, event, MICE, jasa kesehatan, dan heritage yang dalam hal ini di kawasan Camp Vietnam Pulau Galang.

Kabupaten Bintan, tema wisatanya adalah ekowisata, pantai, resort, wisata olahraga, event dan MICE.

Kemudian Kota Tanjungpinang tema wisatanya meliputi wisata heritage (Melayu dan Tiongkok), wisata budaya, wisata kuliner dan event.

“Kabupaten Karimun, tema wisatanya menyasar wisata pantai dan heritage,” ujar Guntur.

Ia meminta pemerintah daerah dapat menyelaraskan rencana pembangunan pariwisata di daerah masing-masing dengan Perpres Nomor 1/2024, supaya tidak terjadi duplikasi dan tumpang tindih terkait arah kebijakan pengembangan pariwisata di lingkup wilayah BBK.

Terbitnya Perpres ini diharapkan dapat membuat kegiatan pariwisata di Kepri semakin terukur dan terarah. Tujuan akhirnya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)

Empat wilayah di Kepri ini memang telah lama dikenal sebagai pintu masuk utama kunjungan wisman ke Kepri. Di tahun 2023, kunjungan wisman melalui empat pintu itu mencapai 1,5 juta orang. Tahun ini target wisman yang lewat pintu utama itu ditingkatkan.

“Untuk tahun ini, kita targetkan 3 juta kunjungan wisman melalui empat pintu masuk tersebut,” kata Guntur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Antara

BAGIKAN