Gundogan Bergabung dengan Barcelona

Gundogan Barcelona
Foto: Reuters

Batam (gokepri) – FC Barcelona mengumumkan kedatangan Ilkay Gundogan sebagai pemain baru mereka. Kontraknya berlaku hingga 30 Juni 2025, ditambah opsi perpanjangan satu tahun. Pemain internasional Jerman ini diharapkan akan menjadi aset berharga bagi tim Catalan tersebut.

Barcelona, melalui situs resmi klub, menjelaskan Gundogan adalah seorang gelandang serang yang memiliki kemampuan membaca permainan dengan sempurna dan mampu mencetak gol. Secara sederhana, dia dianggap sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia dalam dekade terakhir.

Klausul rilis yang ditetapkan Barcelona untuk Gundogan mencapai 400 juta euro (sekitar Rp655 miliar). Rincian transfer pemain ini akan diumumkan oleh klub dalam acara pengenalan resminya.

Gundogan memiliki karier yang mengesankan dengan sejumlah prestasi yang telah diraih. Ia memulai kariernya di klub kampung halamannya, Schalke 04, sebelum akhirnya bersinar ketika membela klub rivalnya, Borussia Dortmund.

Prestasi Gundogan semakin melambung saat membantu Dortmund mencapai final Liga Champions pada tahun 2013, meskipun pada akhirnya mereka kalah dari Bayern Muenchen. Tidak hanya itu, dia juga meraih gelar Bundesliga pada musim 2011/2012 ketika dilatih oleh Jurgen Klopp.

Performa impresif Gundogan membuatnya menarik minat Manchester City pada tahun 2016. Selama tujuh tahun bermain di City, ia berhasil memenangkan lima gelar Liga Premier Inggris dan berkontribusi besar dalam meraih gelar Liga Champions pertama bagi klub tersebut.

Selama bermain di Manchester City, Gundogan mampu mencetak 60 gol, menunjukkan keahlian dan kontribusinya sebagai seorang gelandang.

Baca Juga: Manchester City Berpesta, Rayakan Gelar Liga Inggris usai Kalahkan Chelsea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News