Gelontorkan Rp30 Miliar, Kemnaker Bangun BLK Batam

Sertifikat BLK
Direktur utama Kabil Citra Nusa, Peter Vincent menyerahkan sertifikat kepada Dirjen Binalattas Kemnaker, Budi Hartawan. (FOTO : gokepri.com/ard)

Batam (gokepri.com) – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memastikan akan segera membangun Balai Latihan Kerja (BLK) di Kota Batam.

Kemenaker menggelontorkan anggaran sekitar Rp30 miliar untuk pembangunan tahap awal BLK. Rencananya akan mulai dikerjakan pada Juli 2021 mendatang.

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Dirjen Binalattas) Kemnaker, Budi Hartawan mengatakan pihaknya sudah lama merencanakan pembangunan BLK di Kota Batam.

Namun, banyaknya kendala terutama terkait dengan keterbatasan lahan menjadi salah satu faktor utama belum terealisasinya BLK tersebut, hingga saat ini.

“Tahun 2005 kita sudah pernah mencoba, tapi gagal karena persoalan legalitas lahannya,” kata Budi di Kawasan Industri Kabil, Nongsa, Rabu (17/2/2021).

Karena itu, pihaknya menyambut baik dengan hibah lahan seluas 4,2 hektar yang diberikan oleh Kabil Citra Nusa kepada Kemnaker untuk pembangunan BLK.

“Hal ini juga akan menjadi contoh bagi daerah lainnya, karena selama ini kami mendapatkan lahan itu biasanya dari Pemda. Tapi kali ini dari pihak swasta,” katanya.

Dengan adanya lahan ini maka pembangunan BLK akan dapat terwujud dalam waktu dekat ini. Pihaknya mengaku akan segera melakukan proses tender untuk pembangunannya.

Sehingga diperkirakan Juli mulai dibangun dan Desember 2021 sudah selesai. Karena itu pihaknya mengajak semua pihak pemangku kepentingan yang ada di Batam untuk mendukung BLK ini.

“Kami sangat berterimakasih, mudah-mudahan BLK di Kota Batam bisa segera terealisasi. Sehingga bisa meningkatkan keterampikan tenaga kerja kita,” katanya.

Budi juga berpesan agar Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Kepri dan Disnaker Batam bisa segera membentuk tim koordinasi dengan pelaku usaha dan industri yang ada.

Menurut dia kejuruan BLK nantinya harus sesuai dengan yang dibutuhkan industri saat ini. Sehingga nantinya bisa melahirkan tenaga-tenaga yang handal.

“Kejuruan harus yang paling dibutuhkan, sehingga bisa langsung terserap oleh perusahaan,” katanya.

Direktur utama Kabil Citra Nusa, Peter Vincent mengatakan dengan adanya BLK yang nantinya dibangun di dalam Kawasan Industri Kabil bisa meningkatkan keterampilan tenaga kerja yang ada di Kota Batam.

“Khususnya tentu adik-adik kita yang baru lulus sekola atau pemuda tempatan Kota Batam,” kata Peter.

ard

BAGIKAN