Fuel Card 5.0 Batal Diberlakukan 1 Agustus, Sistem Dibenahi dan Sosialisasi Digencarkan

MyPertamina Syarat Beli Pertalite
PT Pertamina (Persero) menyatakan aplikasi MyPertamina akan menjadi syarat untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar agar penyaluran subsidi bisa tepat sasaran. (Foto: itworks.com)

Batam (gokepri) – Penerapan Fuel Card 5.0 untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis pertalite di Kota Batam ditunda. Awalnya kebijakan ini diberlakukan mulai 1 Agustus 2024.

Penundaan ini diumumkan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau. Gustian menjelaskan penundaan dilakukan karena dua alasan. Pertama, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara penggunaan Fuel Card. Kedua, perlunya pembenahan sistem oleh Disperindag Kota Batam.

Baca Juga:

“Berdasarkan hasil sosialisasi, banyak masyarakat yang belum memahami cara penggunaan Fuel Card,” ujar Gustian, Jumat 17 Mei 2024.

Gustian mengungkapkan sistem yang ada perlu dibenahi, termasuk proses pendaftaran dan pemenuhan syarat yang sebelumnya memakan waktu satu hari di Disperindag, serta pembuatan rekening yang memakan waktu tiga hingga empat hari.

“Ini kami benahi lagi. Kalau bisa waktunya lebih singkat,” kata Gustian.

fuel card 5.0
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau. foto: gokepri/Muhammad Ravi

Selama dua minggu masa pendaftaran, tercatat sebanyak 12 ribu kendaraan telah mendaftar untuk menggunakan Fuel Card 5.0. Namun, masih ada kendala bagi masyarakat yang tidak bisa mengurus pendaftaran pada jam kerja.

Oleh karena itu, Disperindag menarik layanan pendaftaran Fuel Card dari semua SPBU, mal, dan kantor pemerintah kota. Saat ini, pendaftaran hanya dapat dilakukan di Gedung Disperindag.

“Sementara deadline kemarin 1 Agustus 2024. Maka kami coba benahi semua. Ketika sosialisasi selesai baru kami jalan lagi,” ujar Gustian.

Gustian berharap sosialisasi yang dilakukan hingga tingkat kecamatan, kelurahan, RT, dan RW dapat berjalan maksimal, meskipun ada beberapa masyarakat yang tidak setuju dengan program ini.

Sebagai informasi, Disperindag Kota Batam resmi meluncurkan Fuel Card 5.0 pada Jumat (26/4/2024) sebagai alat transaksi BBM jenis Pertalite di Kota Batam. Fuel Card 5.0 nantinya akan dikeluarkan oleh tiga bank swasta, yaitu KB Bank, CIMB Niaga, dan Bank Sumut, yang telah menandatangani nota kerjasama dengan Pemko Batam.

Sebelumnya, posko layanan pendaftaran Fuel Card tersedia di beberapa lokasi seperti Kantor Walikota Batam, Kantor BP Batam, Kantor Disperindag Batam, dan sejumlah mal serta SPBU di Batam.

Penulis: Muhammad Ravi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN