Erick Thohir Optimistis Timnas Indonesia Lolos Piala Dunia 2026

indonesia lolos piala dunia 2026
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir (kanan) memberikan ucapan selamat ke pemain bertahan timnas Indonesia, Calvin Verdonk (kiri) usai mengantarkan timnas melaju ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/06/2024). Foto: PSSI

JAKARTA (gokepri) – Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir optimistis tim nasional Indonesia bisa bersaing pada babak ketiga kualifikasi untuk mengantongi tiket berkompetisi pada Piala Dunia 2026.

“Tidak ada yang tidak mungkin kalau kita mau berusaha (untuk lolos kualifikasi Piala Dunia 2026),” ujar Erick melalui akun instagram pribadi: @erickthohir, Jumat 14 Juni. Indonesia menjadi satu-satunya wakil dari kawasan Asia Tenggara yang bergabung dengan 17 negara lain pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca:

Ke-17 negara itu yakni Qatar, Kuwait, China, Korea Selatan, Iran, Uzbekistan, Arab Saudi, Yordania, Australia, Jepang, Oman, Kyrgyztan, Irak, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Palestina.

Secara peringat, kata dia, Indonesia berada di peringkat ke-134, jauh di bawah negara-negara yang timnas sepak bolanya kuat serta menjadi langganan masuk Piala Dunia seperti Iran, Korea Selatan, Jepang.

Namun, Erick mengaku optimistis dengan berbagai persiapan dan kerja keras maka skuad Garuda siap menghadapi negara-negara tersebut untuk meraih kemenangan.

Sebelumnya, Erick mengatakan, skuad timnas harus dipersiapkan secara optimal baik fisik dan mental karena akan melakoni 10 laga kualifikasi yang terdiri dari enam laga pada 2024 dan empat laga pada 2025.

Ia menyebutkan, salah satu langkah yang dilakukan yaitu penyesuaian jadwal pertandingan liga dengan pertandingan timnas agar para pemain bisa berkumpul pada tiga atau empat hari sebelum bertanding.

“Tidak langsung satu, dua hari berkumpul langsung bertanding, karena ini (pertandingan timnas) kan kelasnya lebih tinggi lagi dan pengelola liga menyanggupi,” pungkasnya.

Erick juga telah menggelar pertemuan dengan pelatih Shin Tae-yong untuk membahas persiapan timnas Indonesia dalam menghadapi babak kualifikasi selanjutnya.

Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia usai menekuk timnas Filipina dengan skor 2-0 dalam laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Selasa (11/6).

Pada putaran ketiga, 18 negara akan dibagi dalam tiga grup, masing-masing grup sebanyak enam tim. Peraih peringkat satu dan dua di grup akan mengantongi tiket ke Piala Dunia 2026.

Sementara peringkat ketiga dan keempat akan dibagi lagi dalam dua grup yang bersaing memperebutkan peringkat pertama untuk tampil di Piala Dunia 2026.

Pengundian untuk penentuan grup babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dilakukan pada 27 Juni di Kuala Lumpur, Malaysia.

Indonesia akan berada di pot terakhir undian putaran ketiga. “Garuda” berpeluang bertemu dua dari enam tim yang menjadi duta Asia pada dua edisi terakhir Piala Dunia, yakni Jepang, Korea Selatan, Iran, Arab Saudi, Australia, dan Qatar.

Gelandang timnas Indonesia, Thom Haye mengungkapkan perasaan sangat istimewa bisa mencetak gol di depan pendukung Indonesia dan keluarganya. Ia pun tidak gentar dengan peluang Indonesia bertemu tim-tim tangguh Asia.

“Saya sudah tidak sabar bertemu calon lawan di babak selanjutnya. Kami telah kirimkan pesan pada laga kontra Irak bahwa kami telah semakin kuat dibandingkan sebelumnya,” tutur Thom.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong menegaskan, laga di putaran ketiga tidak akan mudah. “Kami adalah tim terlemah di putaran ketiga. Tetapi, saya tidak akan menyerah,” ucapnya.

Dua tim terbaik di masing-masing grup akan merebut enam tiket awal ke Piala Dunia 2026. Adapun peringkat tiga dan empat di setiap grup bakal bertarung kembali ke putaran keempat demi merebut dua tiket langsung ke Piala Dunia, disusul satu jatah tampil di duel play-off antarzona.

Adapun dua posisi terbawah, peringkat kelima dan keenam, di putaran ketiga tersisih. Secara total, Asia mendapat jatah 8 tiket lolos langsung dan satu play-off dari 48 kontestan pada format baru Piala Dunia.

Laga pertama putaran ketiga Piala Dunia 2026 akan dimulai pada 5 September 2024. Masing-masing tim akan jalani 10 gim. Putaran ketiga akan berakhir pada 10 Juni 2025.

Selain menciptakan sejarah baru di ajang Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia pun telah memastikan raihan satu tiket ke putaran final Piala Asia 2027 di Arab Saudi. Garuda akhirnya bisa kembali rutin tampil di Piala Asia dalam dua edisi beruntun. Sebelumnya, Indonesia sempat absen 17 tahun setelah menembus Piala Asia periode 1996 hingga 2007.

Selain Indonesia, tiga tim lain juga memastikan langkah ke putaran ketiga. Mereka adalah Korea Utara (Grup B), China (Grup C), dan Kirgizstan (Grup D). Satu jatah terakhir diperebutkan dua wakil Grup A, Afganistan dan India. Laga pamungkas kedua tim berakhir, Rabu dini hari WIB.

Dengan 17 tim yang telah memastikan ke putaran ketiga hingga Selasa malam, Indonesia dipastikan sebagai satu-satunya wakil Asia Tenggara di babak itu. Thailand tersingkir karena kalah rekor pertemuan dengan China, sedangkan Malaysia gagal bersaing dengan Kirgizstan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN