Enam Gelar Liga Inggris Pep Guardiola Bersama Manchester City

gelar liga inggris manchester city
Pelatih Manchester City Pep Guardiola merayakan kemenangan atas West Ham, 19 Mei. Reuters/Lee Smith REUTERS

Batam (gokepri) – Manchester City baru saja mengukuhkan rekor dengan meraih gelar Liga Inggris keempat mereka secara beruntun usai mengalahkan West Ham United 3-1 pada Minggu, 19 Mei 2024.

Berikut perjalanan Pep Guardiola dalam meraih enam gelar Liga Inggris sejak menangani City pada tahun 2016:

Baca Juga:

* Musim 2017-2018

Setelah menjalani satu musim adaptasi di Liga Inggris, tim City arahan Guardiola memecahkan sejumlah rekor pada musim keduanya. Gelar juara sudah dipastikan diraih pada bulan April. City kemudian menjadi tim pertama yang mencapai 100 poin berkat gol kemenangan di waktu tambahan pada laga terakhir musim, unggul 19 poin atas Manchester United di peringkat kedua.

Total poin: 100 (rekor)

Jumlah gol dicetak: 106 (rekor)

Jumlah gol kebobolan: 27

Pencetak gol terbanyak: Sergio Aguero – 21 gol

* Musim 2018-2019

Perjuangan Guardiola untuk meraih gelar keduanya di Liga Inggris jauh dari kata mudah. Liverpool di bawah asuhan Juergen Klopp terus menempel ketat City hingga pertandingan terakhir musim.

Namun, City mampu mempertahankan ketenangan. Mereka memenangi 14 laga terakhir untuk memastikan gelar juara dengan raihan 98 poin. Sementara itu, Liverpool – yang hanya sekali kalah – harus puas di peringkat kedua dengan 97 poin, poin tertinggi sepanjang sejarah kasta tertinggi Inggris untuk tim peringkat kedua.

City juga menjadi tim Inggris pertama yang meraih treble domestik setelah menjuarai Piala Liga dan Piala FA.

Total poin: 98

Jumlah gol dicetak: 95

Jumlah gol kebobolan: 23

Pencetak gol terbanyak: Sergio Aguero – 21 gol

* Musim 2020-2021

Setelah tersandung pada musim 2019-2020 dengan finis sebagai runner-up, tertinggal 18 poin di belakang Liverpool, pasukan Guardiola kembali bersaing ketat dalam perburuan gelar juara. Musim ini sebagian besar dihelat tanpa penonton karena pandemi COVID-19.

Namun, Liverpool mengalami penurunan performa yang drastis di tahun baru, termasuk enam kekalahan beruntun di Anfield, stadion yang sebelumnya menjadi benteng pertahanan mereka.

City memanfaatkan situasi ini dengan meraih 15 kemenangan beruntun untuk mengamankan gelar juara. Sementara itu, Liverpool harus puas finis ketiga, di belakang Manchester United.

Total poin: 86

Jumlah gol dicetak: 83

Jumlah gol kebobolan: 32

Pencetak gol terbanyak: Ilkay Gundogan – 13 gol

* Musim 2021-2022

Dengan kembalinya penonton ke stadion, Liverpool kembali tampil perkasa. Persaingan gelar juara kembali didominasi dua tim ini pada pekan-pekan terakhir setelah Chelsea sempat mengancam dominasi mereka.

Sepanjang musim, City hanya kalah tiga kali sementara Liverpool kalah dua kali. Tim asuhan Klopp harus berjuang di empat kompetisi sekaligus. Gelar juara kembali ditentukan pada laga terakhir dengan selisih satu poin.

Liverpool menang atas Wolverhampton Wanderers, sementara City yang saat itu memuncaki klasemen tertinggal 2-0 dengan waktu tersisa setengah jam. Namun, secara dramatis, City mampu mencetak tiga gol dalam enam menit untuk menang 3-2 dan meraih gelar juara keempat mereka dalam lima tahun.

Total poin: 93

Jumlah gol dicetak: 99

Jumlah gol kebobolan: 26

Pencetak gol terbanyak: Kevin De Bruyne – 15 gol

* Musim 2022-2023

Setelah gagal mendatangkan striker Inggris Harry Kane pada musim sebelumnya, City langsung bergerak cepat mencari pengganti. Datanglah Erling Haaland dari Norwegia yang didatangkan dari Borussia Dortmund. Transfer ini pun menjadi penentu perjalanan City di musim tersebut.

Haaland menjadi mimpi buruk bagi lini belakang tim-tim Liga Inggris. Ia memecahkan rekor gol terbanyak dalam semusim (36 gol) dan secara keseluruhan mencetak 52 gol di semua kompetisi.

Arsenal menjadi kejutan musim ini. Tim muda asuhan Mikel Arteta memuncaki klasemen selama beberapa bulan. Namun, penurunan performa di akhir musim membuat City yang jauh lebih berpengalaman mampu mengejar ketertinggalan.

Arsenal yang kelelahan harus mengakui kekalahan dalam perburuan gelar juara. Mereka kehilangan poin pada bulan April dan Mei, sementara raihan 12 kemenangan beruntun City dari Februari hingga Mei membuat mereka meraih gelar juara dengan sisa dua pertandingan.

Total poin: 89

Jumlah gol dicetak: 94

Jumlah gol kebobolan: 33

Pencetak gol terbanyak: Erling Haaland – 36 gol (rekor)

* Musim 2023-2024

Manchester City kembali mempertahankan gelar juara Liga Inggris untuk keempat kalinya secara beruntun usai mengalahkan West Ham United 3-1 pada Minggu (19/5). Pelatih Pep Guardiola pun semakin kokoh dengan raihan enam trofi liga sejak menangani City di tahun 2016.

Arsenal, yang musim lalu harus gigit jari meski memuncaki klasemen selama 248 hari, kembali memberikan perlawanan sengit hingga pekan terakhir. Skuad asuhan Mikel Arteta bahkan mampu membukukan rekor klub dengan 28 kemenangan terbanyak sepanjang sejarah mereka di kasta tertinggi Liga Inggris.

Namun, konsistensi permainan dan mesin kemenangan yang sudah teruji milik City menjadi pembeda. Meskipun sempat melewati periode tanpa kemenangan dalam empat pertandingan, Guardiola berhasil membawa timnya finis dengan keunggulan dua poin atas Arsenal di peringkat kedua.

Sepanjang musim, City hanya kalah tiga kali, sementara Arsenal dan Liverpool (peringkat ketiga) masing-masing menelan kekalahan sebanyak lima dan empat kali. Untuk mengejar gelar juara, City tampil perkasa dengan catatan tidak terkalahkan dalam 23 laga beruntun.

Kontribusi gelandang Rodri dan Phil Foden memang tak tergantikan. Namun, kejutan datang dari pemain belakang muda berusia 22 tahun, Josko Gvardiol. Bek asal Kroasia ini yang didatangkan dari RB Leipzig pada awal musim, meski belum mencetak gol dalam 32 penampilan awalnya, menjelma menjadi pahlawan dengan torehan lima gol di tujuh laga terakhir City.

Liverpool, yang sempat mengancam di awal April, gagal memberikan akhir cerita manis bagi sang pelatih, Juergen Klopp, di musim terakhirnya di Anfield. Penyerang yang sedang tumpul dan lini belakang yang rapuh membuat harapan mereka meraih gelar pupus di akhir kompetisi.

Berikut statistik akhir Manchester City musim 2023-2024:

* Total poin: 91
* Jumlah gol dicetak: 96
* Jumlah gol kebobolan: 34
* Pencetak gol terbanyak: Erling Haaland – 27 gol

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN