Eko Yuli Irawan: Penggembala Kambing yang Raih Medali Olimpiade

Eko Yuli Irawan
Eko Yuli Irawan

Tokyo (gokepri.com) – Eko Yuli Irawan, yang semasa kecil pernah jadi penggembala kambing, menyumbang medali kedua bagi Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Turun di nomor angkat besi 61 kg putra, Eko berhasil merebut medali perak.

Bertempat di Tokyo International Forum, Minggu (25/7/2021) sore WIB, Eko Yuli Irawan sukses mengumpulkan total angkatan 302 kg (snatch 137 kg dan clean and jerk 165 kg). Hasil tersebut membuat Eko Yuli menempati peringkat kedua. Medali emas direbut wakil China, Li Fabin dan medali perunggu menjadi milik lifter Kazakhstan, Igor Son.

Tak hanya mempersembahkan medali kedua bagi Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020, keberhasilan Eko Yuli meraih perak ini juga membuat lifter berusia 31 tahun itu menorehkan catatan istimewa. Ini merupakan medali keempat Eko di ajang Olimpiade.

Baca juga: Pengalaman Penembak Fika Jadi Modal Positif

Sebelumnya, atlet kelahiran Lampung itu sudah mengharumkan nama bangsa lewat sumbangan medali perunggu Olimpiade Beijing 2008. Kemudian Olimpiade London 2012 serta perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Pengalaman Eko menggembala kambing jadi sepenggal kisah perjuangan manis menuju prestasi. Tanggung jawab keluarga dan prestasi bisa berjalan berdampingan. (wan)

BAGIKAN