Dukungan Parpol di Pilgub Kepri: Ansar-Marlin Tertinggi, Isdianto-Suryani Terendah

Daftar ke KPU Marlin Ansar
Ansar Ahmad dan Marlin Agustina berjalan kaki mendaftar ke KPU Kepri di Tanjungpinang, Jumat (4/9/2020). (Ist)

Tanjungpinang (gokepri.com) – Tiga pasangan calon (paslon) yang bakal bertarung pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kepri 2020 telah mendaftar di KPU Provinsi Kepri. Pendaftaran pertama dilakukan paslon Ansar Ahmad-Marlin Agustina, lalu Isdianto-Suryani, dan terakhir Soerya Respationo-Iman Sutiawan.

Ketiga paslon tersebut memastikan maju setelah mengantongi tiket dari partai politik (parpol) yang memiliki kursi di DPRD Kepri. Hasil Pemilu 2019 telah menempatkan 10 parpol pemilik 45 kursi DPRD Kepri. Berdasarkan jumlah parpol pengusung, Ansar-Marlin memperoleh dukungan tertinggi dibanding dua paslon lainnya. Sementara Isdianto-Suryani memperoleh dukungan parpol terendah.

Koalisi parpol pengusung Ansar-Marlin terdiri dari Partai Golkar dengan 8 kursi, Partai Nasdem 6 kursi, PAN 2 kursi, dan PPP 1 kursi. Totalnya mencapai 17 kursi atau sekira 38 persen dari 45 kursi DPRD Kepri dan 339.244 suara sah Pemilu 2019. Dukungan terakhir kepada pasangan dengan tagline Ansar-Marlin Amanah Negeri (AMAN) ini diberikan oleh PAN.

“Ya, kami memberikan dukungan kepada Ansar-Marlin di Pilgub Kepri,” ujar Sekretaris DPW PAN Kepri, Sukriyadi, Sabtu (5/9/2020).

Koalisi parpol pengusung Soerya Respationo-Iman Sutiawan terdiri dari PDIP dengan 8 kursi, Gerindra 4 kursi, dan PKB 3 kursi. Totalnya mencapai 15 kursi atau sekira 33 persen dari 45 kursi DPRD Kepri dan 292.096 suara sah Pemilu 2019. Ketiga parpol ini sejak awal konsisten untuk mengusung paslon dengan tagline Soerya-Iman Energi Kepri (SINERGI) ini.

Sementara koalisi pengusung Isdianto-Suryani terdiri dari PKS dengan 6 kursi, Demokrat 4 kursi, dan Hanura 3 kursi. Totalnya mencapai 13 kursi atau sekira 29 persen dari 45 kursi DPRD Kepri dan 253.295 suara sah Pemilu 2019. Demokrat menjadi partai terakhir yang akhirnya melabuhkan dukungannya kepada pasangan dengan tagline Isdianto-Suryani (INSANI) ini. (wan)

BAGIKAN