Dua Perusahaan Swasta Bakal Kelola Air di Batam

Ilustrasi (FOTO//gokepri.com/ATB)

Batam (gokepri.com) – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan segera membuka lelang pengelolaan air di Batam. Rencananya akan dibuka dalam waktu dekat ini.

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi mengatakan ada dua bidang sektor yang akan dikerjasamakan dengan pihak swasta. Pertama adalah pengelolaan penyediaan air bakunya dan kedua adalah distribusi air bersih kepada pelanggan.

“Jadi akan ada dua tender yang kita buka nanti, dua bidang sektor yang berbeda,” kata Rudi, Selasa (23/2/2021).

Bagi pemenang tender penyedia air baku nantinya berkewajiban menjaga pasokan ketersediaan air baku untuk dikelola menjadi air bersih. Termasuk juga menjaga kawasan sekitar waduk.

Kemudian untuk yang distribusi berkewajiban menyalurkan air bersih kepada masyarakat. Namun dalam menjalankan tugasnya ini tetap di bawah arahan dan koordinasi BP Batam.

“Untuk distribusi tetap di bawah pengelolaan BP Batam, seperti Moya (PT Moya Indonesia) hari ini,” katanya.

Rudi mengaku belum mengetahui pasti jumlah perusahaan yang minat untuk mengelola air di Batam. Saat ini pihaknya masih mempersiapkan dokumen persyaratan sebelum proses tender dibuka.

Semua perusahaan yang nantinya mengikuti proses tender, dipastikan akan memiliki peluang yang sama. Karena pihaknya mengaku ingin mencari perusahaan yang terbaik untuk pengelolaan air di Kota Batam.

“Pemenang tender nantinya akan mengelola air selama 25 tahun ke depan,” katanya.

(ard)

BAGIKAN