Dompet Dhuafa Bantu Lansia dengan Modal Usaha

Dompet dhuafa bantu
Salah seorang lansia dan bertatus janda yang terdampak COVID-19 yang mendapatkan bantuan dari Dompet Dhuafa agar dapat mengelola kembali usaha kecilnya untuk menghidupi keluarganya di Makassar, Rabu (14/10/2020). (Foto: Dompet Dhuafa)

Makassar (gokepri.com) – Yayasan Dompet Dhuafa membantu lansia dan janda yang terdampak COVID-19 dengan memberikan modal usaha. Langkah agar mereka dapat mengelola kembali usaha kecilnya untuk menghidupi keluarganya.

“Melalui Program Keluarga Tangguh ini kami menyasar para lansia dan janda yang merupakan penjual kelontongan, namun usahanya tutup karena imbas pandemi COVID-19,” kata Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulsel Rahmat HM di Makassar, Rabu (14/10/2020).

Menurut dia, aksi kepedulian ini sebagai bentuk keprihatinan atas 3.400 UMKM di Sulsel yang terdampak COVID-19, mulai dari omzetnya menurun hingga ada yang harus tutup toko untuk selamanya.

Dia mengatakan, melalui program Dompet Dhuafa itu setidaknya sudah dapat membantu meringankan beban kelompok sasaran dan juga pemerintah dalam menekan jumlah pengangguran yang meningkat pada masa pandemi.

Salah seorang diantaranya yang menjadi sasaran bantuan stimulan ekonomi dari Dompet Dhuafa adalah Mak Atik yang merupakan pedagang kelontong lebih dari 30 tahun lamanya.

Janda berusia 70 tahun ini menjadi tulang punggung keluarga dan bersama dua cucunya menggantungkan hidup pada toko kelontong miliknya.

Namun sejak pandemi COVID-19 melanda, toko kelontong milik Mak Atik menjadi sunyi pembeli.

“Dulu sebelum COVID biasanya dalam sebulan masih dapat keuntungan Rp1,5 juta per bulan, tapi saat COVID ada, keuntungan hanya di bawah Rp500 ribu,” ujarnya.

Kondisi Mak Atik ini juga dialami banyak lansia dan janda di luar sana yang berjuang menghidupi keluarganya di tengah pandemi.

“Karena itu, Dompet Dhuafa hadir dengan program Keluarga Tangguh untuk membantu menguatkan perempuan yang sedang berjuang menghidupi keluarganya,” kata Rahmat.

Pada tahap awal, lanjut dia, pihaknya menyalurkan sebanyak 15 paket Modal Usaha Keluarga Tangguh kepada pedagang-pedagang kelontong di Makassar yang mayoritas adalah perempuan lansia dan menjadi tulang punggung keluarga. (Can)

Editor: Candra Gunawan

Baca Juga:

 

BAGIKAN