Dokter Beberkan Ciri-Ciri Kulit Wajah Sehat, Cek!

ciri-ciri kulit wajah sehat
Ilustrasi. Kulit wajah sehat. Foto: Freepik.com

Jakarta (gokepri.com) – Setiap orang pasti ingin memiliki kulit wajah yang sehat. Namun apa ciri-ciri atau tanda kulit wajah benar-benar sehat? Dokter Farhan Zubedi yang sehari-hari menjadi konten kreator kesehatan ini membeberkan ciri-ciri kulit wajah sehat yang perlu diketahui masyarakat.

Dalam konferensi persnya di Jakarta, Minggu 9 Juni 2024, dokter lulusan Universitas Syiah Kuala ini mengatakan ada indikator kulit wajah yang sehat, yaitu permukaan tidak kusam, sebum terkontrol baik, terhidrasi dan teksurnya kenyal.

Indikator kesehatan kulit, kata dia juga mencakup tanda penuaan kulit berupa adanya kerutan pada area dahi atau pipi. Menurut dia kesehatan kulit tidak ditentukan dari warna.

Baca Juga: Jangan Pakai Bawang Putih untuk Obati Jerawat, Bahaya!

“Kita memang punya standar kecantikan yang masih ekstrem, lebih condong ke kiri atau kanan, harus putih, bening. Tapi, sebenarnya itu bukan patokan kulit sehat atau tidak,” ujarnya.

Berwarna gelap atau terang, kulit yang sehat akan tampak cerah dan bertekstur bagus. Ia menegaskan skin pigmention atau pigmentasi kulit itu bukan indikator untuk melihat kulit sehat.

“Tapi, memang secara penelitian, orang dengan kulit yang gelap itu lebih tahan lama dibandingkan yang terang karena melanin yang tinggi,” katanya.

Ia menjelaskan melanin berfungsi untuk melindungi kulit dari dampak paparan sinar ultraviolet hingga polusi. “Makanya, kalau kita kena sinar matahari, kita tan, kita hitaman, itu sebenarnya adalah reaksi tubuh melindungi kita karena melanin yang meningkat,” katanya.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, sangat penting untuk membersihkan wajah dengan baik. Saat membersihkan riasan wajah misalnya, kapas yang sudah digunakan untuk menghapus riasan di bagian wajah tertentu, sebaiknya tidak dipakai lagi.

“Jadi, kalau bisa satu kapas untuk sekali usap. Jadi, ganti dengan sisi lainnya, kan itu tebal, atau pakai sisi yang lain. Tapi, kalau bisa jangan lewati dengan bagian yang sama,” ujarnya.

Tujuannya agar kotoran yang sudah menempel di kapas tidak kembali lagi menempel di wajah akibat usapan yang berkali-kali. ANTARA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

BAGIKAN