Distribusi hingga Pulau-Pulau, KPU Kepri Jamin Logistik Pemilu Tiba Tepat Waktu

KPU Batam
Peteugas memindahkan kotak suara Pemilu 2024 dari gudang KPU di Sekupang ke truk untuk didistribusikan ke hinterland, Rabu 7 Februari 2024. Foto: gokepri/Muhammad Ravi

Tanjungpinang (gokepri) – Distribusi logistik Pemilu 2024 di Kepulauan Riau (Kepri) menghadapi tantangan tersendiri. Jalur laut yang menjadi akses utama untuk menjangkau ratusan pulau di wilayah Kepri menjadi faktor yang harus diperhitungkan.

Ketua KPU Provinsi Kepri, Indrawan Susilo Prabowoadi, mengatakan KPU harus bekerja ekstra untuk memastikan logistik pemilu sampai ke tujuan dengan aman. Cuaca yang tak menentu dan kondisi geografis Kepri yang terdiri dari banyak pulau menjadi rintangan yang harus dihadapi.

“Di Kota Batam saja, terdapat 63 pulau. Belum lagi di Kabupaten Lingga dan Kabupaten Kepulauan Anambas yang memiliki wilayah maritim yang luas,” kata Indrawan, Senin (12/2/2024).

Baca Juga: KPU Batam Mulai Distribusikan Logistik Pemilu ke Hinterland

KPU telah melakukan mitigasi untuk kelancaran distribusi logistik. Salah satunya dengan mengingatkan petugas distribusi untuk memperkuat pembungkusan logistik. “Kami meminta pihak pendistribusian yang akan mengirim ke Siantan dan Jemaja hari ini, untuk menebalkan plastik pembungkus kotak suara. Ini juga berlaku untuk PPK dan PPS dan seterusnya,” kata Indrawan.

Meskipun terdapat rintangan, Indrawan yakin logistik Pemilu 2024 akan sampai ke tujuan dengan aman. “Semua personel dari PPS, PPK, dan KPPS sudah siap untuk melancarkan pemilu 2024,” ujarnya.

KPU Tanjungpinang Distribusikan Logistik ke Kelurahan

Sementara itu, KPU Kota Tanjungpinang mulai mendistribusikan logistik pemilu ke kantor panitia pemungutan suara (PPS) di setiap kelurahan.

Ketua KPU Tanjungpinang Muhammad Faizal mengatakan, logistik didistribusikan ke 17 gudang kantor PPS di semua kelurahan pada hari ini.

“H-1 pelaksanaan Pemilu, seluruh logistik pemilu akan disalurkan ke 637 TPS yang tersebar di Tanjungpinang,” kata Faizal.

Pendistribusian logistik dilakukan melalui jalur darat dan dikawal ketat oleh pihak keamanan TNI-Polri.

“Hari ini kami menggeser ke 17 PPS atau 17 kelurahan. Logistik akan bermalam di PPS. Besok, H-1, seluruh logistik ini akan diterima oleh petugas KPPS di 637 TPS yang tersebar di Tanjungpinang,” jelas Faizal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Engesti Fedro

BAGIKAN