Disnaker Batam Gelar Pelatihan Kerja, Simak Daftarnya

Pencaker
Antrean para pencari kerja di salah satu perusahaan di kawasan industri Mukakuning, Kota Batam, Provinsi Kepri.

Batam (gokepri.com) – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam kembali menggelar pelatihan untuk pencari kerja (pencaker). Ada 27 bidang pelatihan yang dibuka untuk meningkatkan keahlian pencaker.

Kepala Disnaker Kota Batam, Rudi Sakyakirti mengatakan pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan keahlian pencaker di Batam. Sumber anggarannya sendiri dari Dana IMTA tahun 2020 lalu.

“Pelatihan dasar ini diharapkan bisa menjadi modal awal bagi pencari kerja dalam memulai usaha, karena mencari pekerjaan masih sulit saat ini,” kata Rudi, Selasa (19/1/2021).

Adapun daftar pelatihannya di antaranya ada Barista, menjahit, make up, salon, dan lainnya. Sehingga yang tertarik untuk membuka usaha bisa mengikuti pelatihan tersebut.

Kemudian untuk yang tertarik bekerja disektor industri juga ada pelatihan belajar las, dasar K3 dan bidang lainya yang mendukung kegiatan industri.

“Pelatihan bagi pencaker akan mulai dibuka akhir bulan ini,” katanya.

Bagi yang minat nantinya bisa mengecek dan memenuhi persyaratan yang diminta panitia.

Saat ini pergerakkan industri memang belum banyak. Namun beberapa perusahaan tetap membuka lowongan meski tidak banyak, karena masih dalam pandemi Covid-19.

“Kami berharap dengan ikut pelatihan, akan banyak wirausaha yang muncul. Meskipun hanya skill awal, setidaknya ini bisa jadi modal bagi mereka,” katanya.

Disnaker dalam waktu dekat juga menggelar pelatihan untuk peningkatan keahlian bagi tenaga kerja. Ada 31 bidang pelatihan yang disediakan untuk sertifikasi keahlian ini.

Peningkatan keahlian ini bertujuan untuk menaikkan level atau jabatan tenaga kerja, dan otomatis akan berpengaruh pada peningkatan pendapatan.

“Bagi yang minat bisa mengecek langsung di website disnaker.batam.go.id,” katanya.

(ARD)

BAGIKAN