Deretan Destinasi Wisata di Bintan, Pantai hingga Desa Wisata

pantai bintan
Warga bermain Jet Ski di pantai Trikora Bintan, Kepulauan Riau., beberapa waktu lalu. (Antara/Ogen)

Bintan (gokepri.com) – Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau memiliki sejumlah destinasi wisata yang cocok untuk menjadi pilihan saat liburan. Kawasan wisatanya lengkap, mulai pantai, wisata belanja, kuliner hingga desa wisata.

Pulau Bintan juga mudah diakses, baik melalui bandara maupun perjalanan laut menggunakan kapal ferry, sehingga wisatawan domestik maupun mancanegara mudah mengaksesnya.

Bintan memiliki paket lengkap yang menawik minat wisatawan. Ada lima katergori yang identik dengan wisata Bintan yaitu di bidang bahari, budaya, sejarah, edukasi dan religi.

Baca Juga: Pulau Penyali Destinasi Wisata Baru Anambas

Pariwisata pun terbukti menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Bintan dan Kepulauan Riau (Kepri). Hal itu diungkapkan Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kepri Luki Zaiman Prawira. “Sektor Pariwisata termasuk salah satu penyumbang PAD terbesar bagi Kabupaten Bintan dan Kepri,” ujar Luki belum lama ini.

Luki menerangkan komitmen pemerintah provinsi Kepri untuk terus mendorong promosi pariwisata Kepri untuk lingkup nasional dan Wakil internasional. “Pemerintah menyambut baik dan berkomitmen untuk terus mendorong promosi pariwisata baik di level nusantara maupun mancanegara,”ungkap Luki.

Berikut deretan destinasi wisata di Pulau Bintan yang memiliki pesona dan keindahan yang sayang untuk dilewatkan.

1. Treasure Bay

Treasure Bay menjadi salah satu primadona di Pulau Bintan. Destinasi ini memiliki luas area 338 hektar dengan total luas kolam renang mencapai 6,3 hektar. Treasure Bay pun dilabeli sebagai Kolam Renang Terbesar se-Asia Tenggara.

Treasure Bay memiliki keunikan yang tidak dimiliki tempat lain, air kolam renang di tempat ini berasal dari air laut yang telah disuling.

Treasure Bay menjadi destinasi wisata yang digemari wisatawan mancanegara. Selain memiliki kolam renang yang unik, di kawasan tersebut juga terdapat banyak akomodasi yang terdiri dari hotel maupun resort berkelas internasional.

2. Pantai Trikora

Pantai Trikora berada di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Pantai ini memiliki pasir yang putih, ombak yang landau dan bebatuan indah di sepanjang pantai.

Pantai ini memiliki empat bagian yakni Trikora 1, 2, 3 dan 4. Sepanjang perjalaan menuju Pantai Trikora terdapat perkampungan nelayan yang berjajar rapi, resor mewah, kawasan konservasi, rumah makan seafood hingga hutan mangrove.

3. Danau Biru Kawal

Danau Biru ini dulunya adalah bekas area tambang yang berisi air, namun kencantikan danau ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata.

Gundukan bebatuan berwarna putih berpadu dengan air jernih yang seakan membiru menjadi salah satu spot foto yang banyak diincar wisatawan saat berkunjung ke Pulau Bintan.

4. Vihara 1.000 Wajah

Pulau Bintan juga memiliki destinasi wisata religi yaitu Vihara 1.000 wajah. Vihara Ksitigarbha Bodhisattva diberi gelar Vihara 1.000 wajah karena terdapat ratusan patung dengan berbagai ukuran dan ekspresi wajah yang berbeda.

Berdasarkan cerita yang berkembang, ekspresi yang ditunjukkan tersebut merupakan ekspresi Buddha ketika dalam wujud manusia.

Patung-patung terbuat dari batu granit, dan dibuat oleh seniman asli Tiongkok. Selain patung-patung seribu wajah, daya tarik lain dari vihara ini adalah patung Buddha setinggi lima meter yang terdapat di depan vihara.

5. Bintan Mangrove

Selain pantai, Bintan juga memiliki kawasan hutan mangrove. Bintan Mangrove ini berada di Sebong dan terbentang sepanjang 6,8 km.

Wisatawan dapat menyusuri sungai dengan menggunakan perahu motor. Selain menikmati asrinya hutan bakau, kawanan monyet, berang-berang, ular pohon, di sungai ini penggemar mincing juga bisa melakukan aksinya.

6. Desa Wisata Ekang

Bintan juga memiliki desa wisata, yaitu Desa Wisata Ekang. Di kawasan ini wisatawan akan diajak menikmati sensasi wisata di alam pedesaan.

Desa Wisata Ekang cocok untuk destinasi wisata keluarga, karena di sini pengunjung akan diajak berkebun, bermain dengan kelinci, mencoba berbagai olahraga menarik seperti berkuda, bersepeda hingga jogging santai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Asrul Rahmawati

BAGIKAN