Data Sirekap Masih Rendah di Daerah INSANI Menang

Sirekap di Pilgub Kepri masih rendah
Data Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) di Pilgub Kepri per Selasa (15/12/2020) hingga pukul 08.00 WIB.

Batam (gokepri.com) – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto-Suryani (INSANI) unggul sementara di Kota Batam dan Karimun. Hanya saja, data hasil penghitungan suara dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) masih minim. Di Batam, baru 43,27 persen data yang masuk ke Sirekap, sedangkan Karimun 82,16 persen.

Hal ini berbeda dengan paslon Ansar Ahmad-Marlin Agustina yang unggul sementara di lima kabupaten/kota lainnya di Kepri. Data hasil penghitungan suara dari TPS yang masuk ke Sirekap cukup tinggi. Bahkan, tiga di antaranya sudah 100 persen.

Keberadaan Sirekap ini penting untuk keterbukaan dan transparansi dalam penghitungan atau rekapitulasi suara. Pemanfaatan Sirekap bisa mencegah manipulasi suara, terutama di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Karena masyarakat dapat mengakses dan bisa ikut mengawasi hasil pemungutan suara dari TPS.

Kewajiban untuk menyampaikan hasil penghitungan suara TPS melalui Sirekap ini tertuang pada Pasal 56A PKPU 18 Tahun 2020. Kemudian Pasal 56A ayat (1), mewajibkan KPPS menyampaikan formulir Model C.Hasil-KWK melalui Sirekap kepada PPS untuk diumumkan di kelurahan. Sedangkan ayat (2) mewajibkan KPPS menyampaikan formulir Model C.Hasil-KWK melalui Sirekap kepada PPK dan KPU Kabupaten/Kota.

Berdasarkan data Sirekap pada Selasa (15/12/2020) pagi, paslon INSANI unggul 37,8 persen atau 61.692 suara di Batam. Sedangkan paslon Ansar-Marlin meraih 51.477 suara (31,6 persen) dan Soerya-Iman 49.908 suara (30,6 persen).

Data itu berasal dari 942 dari total 2.177 TPS yang ada di Kota Batam. INSANI unggul sementara di tujuh kecamatan, seperti Batuampar, Sekupang, Seibeduk, Bengkong, Batam Kota, Sagulung, dan Batuaji.

Tim INSANI mengaku punya harapan menang dalam penghitungan tersebut. Ketua tim pemenangan INSANI, Bakti Lubis mengatakan, pihaknya tambah optimis melihat hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan.

“Kita melihat tren peningkatan suara INSANI yang signifikan di penghitungan tingkat kecamatan,” ujarnya, Senin (14/12/2020). (eri)

BAGIKAN