Bupati dan Wakil Bupati Karimun Dilantik, Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas

Bupati Karimun Dilantik
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad melantik Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Bupati Anwar Hasyim di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin (26/4/2021). (foto: Humas Pemprov Kepri)

Tanjungpinang (gokepri.com) – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad melantik Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Karimun Periode 2021-2024 Aunur Rafiq dan Anwar Hasyim, di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Senin (26/4/2021).

Pelantikan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Dalam sambutannya, Ansar Ahmad meminta Rafiq dan Anwar segera merealisasikan janji politik semasa kampanye Pilkada 2020, dapat diwujudkan dalam bentuk memenuhi aspirasi dan kebutuhan warga.

“Laksanakan tugas dengan baik. Berkolaborasi dan bersinergi dengan pemangku kepentingan terkait dalam rangka kemajuan daerah,” kata Ansar Ahmad.

Ansar juga berpesan bahwa tugas kepala daerah dewasa ini sangat berat, karena dalam kondisi pandemi COVID-19.

Dia meminta Bupati/Wakil Bupati Karimun fokus membangun ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat, menciptakan lapangan kerja, mengurangi angka kemiskinan, mengurangi kesenjangan pembangunan terutama di kawasan hinterland, mendorong industri berbasis lokal, serta pelestarian lingkungan hidup dan budaya maritim.

“Hal ini sesuai visi Pemprov Kepri yaitu Terwujudnya Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim,” ujar Ansar.

Selain itu, politisi Golkar itu turut menekankan tiga tugas utama kepala daerah terpilih di tengah situasi pandemi COVID-19.

Dia merinci, pertama pemda harus semangat dan kerja keras dalam menurunkan angka COVID-19, melalui 3 T (tracing, testing, treatment) serta penegakan protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum.

Kedua, mendukung program vaksin COVID-19 dengan memastikan pelaksanaan vaksinasi tepat waktu dan tepat sasaran.

Ketiga, pemulihan ekonomi sebagian dampak pandemi dengan menggerakkan semua sumber daya pemerintah dan stimulus melalui sektor swasta guna memulihkan ekonomi Kepri yang minus 3,80 persen di tahun 2020, agar tumbuh positif di tahun 2021.

“Terakhir, saya ingatkan Bupati/Wakil Bupati terpilih laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan amanah,” demikian Ansar. (Can/ant)

BAGIKAN