BP Batam akan Hadirkan Kembali Layanan BLINK

Layanan BLINK BP Batam
Layanan Blink BP Batam pada 2021 lalu. Foto: Dok. BP Batam

BATAM (gokepri) – Badan Pengusahaan Batam (BP Batam) akan membuka kembali layanan BLINK (BP Batam Layanan Keliling) dalam waktu dekat.

Layanan BLINK, merupakan layanan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pengurusan izin lahan, salah satunya adalah, perpanjangan UWT. Hal ini, sesuai arahan dari Kepala BP Batam Muhammad Rudi untuk mempermudah pelayanan kepada pelaku usaha maupun masyarakat. “Saat ini seluruh perizinan sudah saya limpahkan kepada¬†Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Tujuannya tidak lain adalah untuk mempercepat proses perizinan,” tegas Rudi.

Direktur Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal Badan Pengusahaan (BP) Batam, Harlas Buana, mengatakan, layanan BLINK hadir untuk layanan UTW. Layanan ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat yang mempunyai mobilitas terbatas. “Jadi layanan ini, kami berikan seperti layanan jemput bola,” ujarnya, Selasa (21/03/2023).

Ia menjelaskan layanan BLINK sempat dihentikan pada saat pandemi Covid-19. Ketika itu diberlakukan kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat untuk mewaspadai penularan Covid-19. Sehingga dengan kondisi Covid-19 sekarang sudah membaik, maka layanan secara tatap muka ini kembali dijalankan.

Dalam pelaksanaannya, Direktorat Pelayanan Lalu Lintas Barang dan Penanaman Modal BP Batam akan berkolaborasi dengan Direktorat Pengelolaan Pertanahan (DPP) BP Batam. DPP BP Batam akan menyiapkan data-data masyarakat penunggak UWT. Data yang diterima dari DPP itu, nantinya akan disampaikan ke Biro Humas, Protokol dan Promosi (HPP) untuk selanjutnya diumumkan di seluruh media massa.

“Baik di media cetak, media elektronik hingga medsos. Setelah itu, kami sampaikan jadwalnya dan lokasi layanan BLINK-nya di mana. Dalam satu minggu, kami berikan layanan dua hari, mulai jam 9 pagi sampai jam 3 sore,” jelasnya.

Ia menambahkan layanan ini akan segera dilaksanakan setelah pihaknya mendapatkan data dari DPP BP Batam. Jika data itu telah diterima, pihaknya akan mengundang seluruh direktorat yang terlibat.

Mulai dari pihaknya sendiri sebagai pemberi layanan, DPP untuk data-data, HPP untuk informasi jadwal, Biro Umum untuk persiapan sarana dan prasarana hingga Direktorat Pengamanan (Ditpam) untuk pendampingan.

“Kami saat ini sedang menunggu. Jika datanya selesai di bulan puasa, setelah Lebaran kami akan segera sosialisasikan ke masyarakat dan kami publikasi di media. Baru kami langsung mulai pelaksanaan layanan BLINK,” imbuhnya.

Dengan adanya BLINK dapat mengedukasi masyarakat tentang mekanisme pembayaran perpanjangan UWT yang mudah dan cepat. Hadirnya BLINK di tengah masyarakat, bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam kepengurusan dokumen lahan. Masyarakat akan lebih mudah menjangkau dan dapat bertanya langsung kepada petugas.

Selanjutnya, petugas akan memverifikasi berkas dan memberikan penjelasan langsung kepada pemohon terkait kepengurusan UWT.

Selain program BLINK, BP Batam juga sudah mempunyai aplikasi berbasis online melalui Land Management System (LMS) dengan alamat website https://lms.bpbatam.go.id yang dapat mempermudah kepengurusan lahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Baca Juga: BLINK, BP Batam Layanan Keliling Hadir Kembali di Tengah Warga

Editor: Candra Gunawan

BAGIKAN