BOS Madrasah Swasta dengan Total Rp4 Triliun Cair

Beasiswa Pemprov Kepri
Ilustrasi. Foto: Pixabay

JAKARTA (gokepri.com) – Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk madrasah swasta dengan total nilai Rp4 triliun mulai cair.

Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani mengatakan pihak madrasah swasta sudah bisa mulai memproses pencairannya sesuai petunjuk teknis yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Ali mengatakan dana BOS yang cair saat ini merupakan pencairan BOS Madrasah tahap I. Dana itu diberikan kepada 49.074 madrasah swasta.

“Per hari ini dana tersebut sudah cair dari Ditjen Perbendaharaan (DJPb) ke rekening bank penyalur BOS milik Pendis Kemenag RI,” ujarnya, Rabu 18 Januari 2023, dikutip dari laman resmi Kemenag RI.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M Isom Yusqi merinci, anggaran yang tersedia akan dicairkan untuk 24.034 Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan anggaran sebesar Rp1.722.236.140.000.

Kemudian untuk 16.667 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan total anggaran Rp1.446.216.940.000, dan 8.373 Madrasah Aliyah (MA) dengan anggaran sebesar Rp801.145.035.000.

Tahun ini kata Isom beda dengan tahun sebelumnya karena mulai diterapkan kebijakan Bos Majemuk.

Kebijakan baru ini membuat dana BOS yang diberikan berbeda-beda tergantung daerah tempat madrasah itu berada.

Misalnya, besaran BOS MI, MTs, dan MA yang ada di Jawa, tidak sama dengan madrasah yang ada di Papua. Sebab, tingkat kemahalan barangnya memang berbeda.

“Dengan dana BOS Majemuk diharapkan madrasah bisa lebih memenuhi kebutuhan operasionalnya dan tentu saja akan meningkatkan mutu pendidikan di madrasah,” ujarnya.

Baca Juga: Dana BOS Madrasah Swasta 2021 Lewat Ditjen Pendis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis: Asrul Rahmawati

BAGIKAN