BKKBN Dukung Percepatan Vaksinasi Ibu Hamil dan Menyusui di Kepri

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad meninjau vaksinasi ibu hamil dan menyusui di Batam

Batam (gokepri.com) – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mendukung penuh percepatan vaksinasi Covid-19 di Kepri. Terutama bagi ibu-ibu hamil dan menyusui.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Riau, Mediheryanto mengatakan vaksinasi dilakukan sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Sebab, ibu hamil dan menyusui salah satu yang paling rentan terpapar Covid-19.

“Karena itu, hari ini kita lanjukan vaksinasi khusus ibu hamil dan menyusui di RS Hj.Bunda Halimah,” kata Mediheryanto di Aula Kampus Uniba, Minggu (26/9/2021).

Pihaknya juga mengimbau kepada ibu-ibu hamil dan menyusui agar tidak kahwatir, vaksinasi Covi-19 sudah dinyatakan aman bagi perkembangan janin. Karena itu pihaknya terus mendorong agar keluargannya yang saat ini sedang hamil dapat segera vaksin.

“Sebab dengan vaksin ini ibu hamil akan mendapatkan dua imun, pertama untuk ibunya itu sendiri dan kedua untuk janinnya. Jadi, manfaatnya sangat besar dan untuk memprotek dari penularan Covid-19,” katanya.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan capaian vaksinasi untuk ibu hamil dan menyusui di Kepri memang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena memang izin untuk vaksinasi ibu hamil dan menyusui ini belum lama.

Namun, kendati demikian pihaknya akan terus mempercepat vaksinasi ibu hamil dan menyusui di Kepri. Sehingga diharapkan dapat mencapai yang ditargetka pemerintah.

“Ibu hamil dan menyusui juga beresiko tinggi terhadap virus Covid-19. Karena itu kita perlu mempercepat vaksinasi ini,” kata Ansar.

Saat ini tercatat, ibu hamil di Provinsi Kepri sebanyak 52.829 orang dengan rincian di Batam sejumlah 37.342 orang dan Tanjungpinang 3.664 orang. Pihaknya menargetkan sebanyak 75 persen dari total ibu hamil tersebut, harus mendapatkan vaksinasi Covid-19.

“Oktober harus tercapai 5.000 ibu hamil dan ibu menyusui yang divaksin. Untuk itu diperlukan kerjasama lintas sektor dalam percepatan vaksinasi Covid-19,” katanya.

(ard)

| Baca Juga : Ibu Hamil di Batam Jalani Vaksinasi Covid-19

BAGIKAN